Notification

×

Adsense atas

Adsen

Satuan Udara Koarmada III Laksanakan Latihan Marshaller

Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:52 WIB Last Updated 2022-10-21T09:52:05Z

.

Sorong, fajarharapan.id - Bertempat di Kantor Sta. Met. Kelas I Domine Eduard Osok - Sorong dan Bandara Domine Eduard Osok Sorong Papua Barat, Prajurit Satuan Udara/ Satud Koarmada III melaksanakan Latihan Marshaller, dimana Latihan tersebut untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan personel Satud Koarmada III dan KRI yang memiliki Helypad untuk menerapkan pemahaman tentang Marshalling Pesawat Udara (Pesud) baik jenis Fix Wing, maupun Rotary Wing yang melaksanakan operasi di KRI. Jumat (21/10/22)


Dikatakan Komandan Satuan Udara/ Satud Koarmada III Kolonel Laut (P) Dani Hamdani, bahwa kegiatan tersebut untuk melatih peran prajurit sebagai petugas yang memberikan komando khususnya kepada Pilot Pesud baik jenis Fix Wing, maupun Rotary Wing, untuk membantu pada saat memarkirkan secara sempurna pesawat, baik saat akan terbang maupun mendarat di bandara maupun di atas KRI/ kapal perang pada saat berlayar.


Karena banyak sekali perbedaan dan keunikan pengendalian pesawat yang berbeda dengan satuan lain, dimana TNI Angkatan Laut salah satunya mampu menerima pesawat Udara di atas kapal perang pada saat berlayar, dan ini menjadi ciri khas, ujar Komandan Satud Koarmada III.


Adapun materi latihan dimulai dengan kegiatan praktek Marsheller yang terdiri dari  Praktek Marsheller didalam Organisasi Pengendalian Operasional Helideck Party di KRI Teluk Wondama-527, dan praktek Marsheller serta operasional parkir Pesud Casa U-6215 di  Aerodrome Aproon Bandara Domine Eduard Osok Sorong.


Selain itu, juga dilaksanakan praktek pengenalan peralatan  dan  pengenalan monitoring operasional  cuaca di Kantor Sta. Met. Kelas I Domine Eduard Osok – Sorong, oleh Kepala Sta. Met. Kelas I Sorong Indar Adi Waluyo, S.Si, dimama pada kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih atas kepercayaan untuk memberikan pengetahuan cuaca dan apresiasinya dengan pelaksanaan latihan tersebut, dimana Prajurit Satud Koarmada III akan semakin mampu melihat tanda-tanda alam berupa situasi cuaca dilapangan, sehingga bisa mengantisipasinya dalam penugasannya.


Lebih lanjut Komandan Satud Koarmada III, menyampaikan bahwa latihan tersebut merupakan perintah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla, dimana Pangkoarmada III berpesan, agar peserta latihan betul betul memanfaatkan latihan dengan serius dan sungguh-sungguh, supaya mampu menguasai dengan baik tugas Marshaller


Selain itu disampaikan  bahwa latihan yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, untuk pembangunan SDM TNI Angkatan Laut  yang unggul, serta penyelarasan doktrin, operasi, latihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini (Koarmada III)




ADSEN KIRI KANAN