Notification

×

Adsense atas

Adsen

Ribuan Santri di Kendal Ikuti Apel di Tengah Tambak Penuh Lumpur

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 14:05 WIB Last Updated 2022-10-22T07:05:00Z

 

Ribuan santri di Kabupaten Kendal mengikuti apel santri di tengah tambak dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional.




KENDAL – Ribuan santri di Kaliwungu, Kabupaten Kendal mengikuti apel santri di tengah tambak yang penuh lumpur. Mereka antusias mengikuti apel dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional


Apel santri dilaksanakan di tengah tambak yang akan dijadikan tempat perluasan Pondok Pesantren (Ponpes) Manbaul Hikmah. Meski dalam kondisi berlumpur dan becek karena hujan, sekitar 1.200 santri tetap bersemangat mengikuti kegiatan, sebagaimana dikutip iNews.id.


Pengasuh Ponpes Manbaul Hikmah Kaliwungu Kendal, Basyarohman mengatakan, dirinya sepakat dengan pernyataan KH Mustofa Bisri atau Gus Mus bahwa sebutan santri tidak hanya bagi mereka yang mendalami agama di pondok pesantren. Namun yang memiliki akhlakul karimah bisa disebut santri. 


“Santri tidak lepas dari karakter yang berbudi luhur dalam berbagai aspek, baik dalam bermasyarakat dan belajar,” kata Basyarohman, Sabtu (22/10/2022). 


Dirinya berharap santri semakin berdaya dan berkonstribusi. Tidak hanya berkeagamaan, tetapi berkebangsaan. Perkembangan zaman saat ini, membuat tanggungjawab santri semakin berat. Sebab harus tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan NKRI di saat nasionalisme mulai pudar.


Dikatakannya, tugas dan tanggungjawab santri adalah membawa misi perdamaian dan kemaslahatan sesuai dengan agama. Dirinya menaruh harapan besar, ke depan pemimpin lahir dari komunitas sarungan dan ditempa 24 jam dengan agama.(*)


ADSEN KIRI KANAN