Notification

×

Adsense atas

Adsen

Peringatan Dini BMKG, Kalteng Berpotensi Cuaca Ekstrem Selama Sepekan ke Depan

Jumat, 21 Oktober 2022 | 20:05 WIB Last Updated 2022-10-21T13:05:00Z

 

BMKG meminta warga Kalteng mewaspadai cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.




PALANGKA RAYA – BMKG meminta warga di Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk mewaspadai cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.


Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir itu merata di seluruh kabupaten dan kota provinsi tersebut, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Selama sepekan ke depan waspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah," kata Prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Roland Binery, Jumat.


Selain cuaca ekstrem, BMKG juga mengimbau masyarakat Kalteng mewaspadai adanya pertumbuhan awan konvektif atau awan Cumulonimbus (Cb) yang merupakan tanda-tanda awal terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat, dan menimbulkan angin kencang.


Kondisi itu juga harus menjadikan masyarakat semakin waspada terhadap potensi adanya genangan air, banjir, banjir bandang, tanah longsor dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.


“Jika melihat fenomena tersebut masyarakat agar waspada dan segera mencari tempat teduh namun tidak di bawah pohon,” katanya. 


Saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir, masyarakat diminta segera mencari tempat berlindung yang aman seperti di dalam rumah atau gedung.


"Jauhi papan reklame atau baliho, pohon besar dan jangan berada di lapangan atau tempat terbuka untuk menghindari sambaran petir atau tumbangnya pohon, papan reklame dan sejenisnya," katanya.(*)


ADSEN KIRI KANAN