Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pengurus Sebut Atap Kubah Jakarta Islamic Center Sudah Dua Kali Terbakar

Kamis, 20 Oktober 2022 | 16:18 WIB Last Updated 2022-10-20T09:18:00Z

 

Masjid JIC pasca-terbakar



Jakarta - Pengurus Jakarta Islamic Center (JIC) Koja, Jakarta Utara menyebutkan kebakaran yang menghancurkan ubah tempat ibadah pertama yang terjadi, pada Rabu (19/10/2022), bukan sekali terjadi.


Kepala JIC Muhammad Subki mengatakan, kebakaran ini terjadi dua kali dalam sepuluh tahun terakhir.


"Dulu tahun 2002 kubah bagian atas, tapi tidak besar. Memang ini kejadian yang paling besar," ucapnya di lokasi, Kamis (20/10/2022),sebagaimana dikutip Okezone.com.


Menurut Subki sebelum terjadi kebakaran, sedang dilakukan perbaikan atau renovasi dibagian kubah di masjid utama. Perbaikan inipun dilakukan melihat usia baik dari rangka kubah yang butuh perbaikan.


"Sudah pernah renovasi kecil-kecilan, sedikit-sedikit, tapi ini yang rencananya renovasi total kubah baru kali ini, setelah kurang lebih 19-20 tahun," ucap Subki.


Adapun dari renovasi kubah yang dilakukan, rencananya tidak mengubah bentuk. Melainkan mengubah sejumlah lapisan dan bagian atau elemen yang ada supaya semakin kokoh.


"Enggak, hanya mengubah lapisan, mulai lapisan dalam dia kan ada beberapa lapis ya, ada underlayer, triplek, dan sebagainya, kita hanya mengupas lapisannya, tidak mengubah kerangkanya," pungkasnya.


Adapun dari peristiwa ini aparat kepolisian dalam hal ini Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara mengamankan empat pekerja dari lokasi kebakaran kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre.

Keempat pekerja tersebut masing-masing bernama Burhanudin, Nano Sumarno, Kusmayadi, dan Ardiansyah.


Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo mengatakan, mereka diamankan untuk dimintai keterangan lantaran sesaat sebelum kebakaran terjadi, keempat pekerja sedang melakukan renovasi kubah.


"Untuk saat ini sudah ada empat pekerja kita amankan ke Polres untuk dimintai keterangan. Empat orang yang saat ini sedang melakukan pekerjaan," kata Wibowo di lokasi.(*)


ADSEN KIRI KANAN