Notification

×

Adsense atas

Adsen

Menjaga Objek Vital Strategis Merupakan Tugas Sepanjang Masa TNI

Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:44 WIB Last Updated 2022-10-21T09:44:13Z

.


Jakarta, fajarharapan.id - Tugas menjaga objek vital strategis merupakan tugas sepanjang masa yang dibebankan kepada TNI, karena objek vital strategis merupakan sasaran yang tergolong ke dalam Central of Gravity (COG), sehingga keberadaan PT Pertamina (Persero) harus dipastikan selalu dalam keadaan aman dan sangat dibutuhkan oleh negara.

Hal tersebut disampaikan Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsda TNI Kusworo, S.E., M.M. yang didampingi Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Agus Suhardi saat memberikan Evaluasi Performance dan pembekalan terhadap penugasan Prajurit TNI di lingkungan PT Pertamina (Persero) Wilayah Sumatera, bertempat di Hotel Arya Duta Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (20/10/2022).


Aspers Panglima TNI menyampaikan bahwa penugasan Prajurit TNI aktif di luar struktur TNI merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yang mempunyai tugas pokok yakni menegakan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. 

“Tugas tersebut dilaksanakan melalui Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), dimana terdapat satu klausul dalam OMSP yakni mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis,” ucapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Marsda TNI Kusworo juga menegaskan sesuai dengan Nota Kesepahaman/MoU yang sudah ditandatangani antara TNI dan PT Pertamina (Persero), TNI siap mendukung PT Pertamina (Persero) dalam bentuk pengamanan objek vital nasional yang mana sangat penting bagi lancarnya distribusi energi di Indonesia.


Lebih lanjut Aspers Panglima TNI mengungkapkan hasil evaluasi menunjukan bahwa kerjasama ini sangat membantu dan bermanfaat bagi kedua belah pihak dalam rangka melaksanakan fungsinya masing-masing. 

“Bagi Prajurit TNI yang sedang melaksanakan penugasan agar tetap berpedoman kepada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Junjung tinggi sikap dan kehormatan Prajurit dimanapun ditugaskan termasuk di PT Pertamina (Persero),” pesannya. (Puspen TNI)




ADSEN KIRI KANAN