Notification

×

Adsense atas

Adsen

Boyong 11 Medali, Kedatangan Kafilah Sumbar di Ranah Minang Disambut Kalungan Bunga

Kamis, 20 Oktober 2022 | 07:29 WIB Last Updated 2022-10-20T00:29:19Z


.
Padang - Keberhasilan kafilah Sumatera Barat pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 29 di Kalimantan Selatan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Karena kafilah Sumbar berhasil mencapai target yang telah ditetapkan Gubernur Sumbar sebelum keberangkatan kafilah ke ajang dua tahunan ini. 


Setelah berjuang selama 10 hari di Banjar-Kalsel, hari ini Rabu (19/10) kafilah Sumbar tiba di Ranah Minang. Kedatangan rombongan di Bandara International Minangkabau (BIM) disambut Gubernur Sumbar diwakili Sekda Provinsi, Hansastri didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi. 


Kafilah Sumbar yang berjumlah 85 orang ini dipimpin Kepala Biro Bina Mental, Irsyad didampingi Kepala Bidang Penaiszawa, Yufrizal dan official. Kedatangan kafilah disambut dengan pengalungan bunga oleh Sekda dan Kakanwil kepada pimpinan rombongan. 


Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) memberikan apresiasi kepada seluruh kontingen yang telah berhasil mempersembahkan prestasi serta mengharumkan nama Sumatera Barat di kancah nasional. 


Menurut Sekda raihan yang luar biasa ini berkat kesungguhan pelatih dan official kontingen Sumatera Barat dalam membimbing dan melatih peserta. “Alhamdulillah setelah ditutup tadi malam oleh Wakil Menteri Agama, Sumatera Barat berhasil meraih peringkat ke lima dan ini patut di apresiasi,” ungkap Hansastri. 


Kalau dilihat dari urutan perolehan ini, lanjut Sekda, mulai Jawa Timur DKI Jakarta, tuan rumah Kalimantan Selatan dan Jawa Barat, itu merupakan kota besar dan diluar itu adalah Sumatera Barat. 


“Ini semua tentu berkat kesungguhan, ketangguhan, dan kegigihan dari saudara-saudara dan bapak-bapak yang membimbing para peserta ini. Tentu dengan kegigihan juga dari peserta sehingga bisa mencapai prestasi yang maksimal dan membanggakan ini,” ujar Hansastri. 


“Kami ucapkan selamat datang kembali di kampung halaman kami terima dengan bangga. Kami berharap prestasi ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan pada masa-mas ke depan,”  harap Sekda. 


Diakhir arahannya, Sekda mengingatkan qori qoriah untuk pengamalan Alquran itu sendiri di dalam kehidupan sehar-hari. 


Seiring dengan Sekda, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Helmi mengungkap rasa bangganya atas raihan prestasi kafilah Sumatera Barat pada MTQN di Kalimantan Selatan. 


“Ini membuktikan bahwa koordinasi antara pemerintah provinsi dan Kementerian Agama berjalan dengan baik, sehingga kegiatan musabaqah ini bisa kita ikuti dengan baik,” ucap Helmi. 


Tentu ke depan, hal ini mesti terus ditingkatkan dengan harapan prestasi yang diraih hari akan lebih ditingkatkan lagi. Kepada qori-qoriah kami ucapkan terima kasih jangan puas hanya sampai di sini, teruslah berlatih dan berkarya, pesan Kakanwil. 


Medali yang diraih kafilah Sumbar itu, yakni Juara I cabang Tilawah Alquran Golongan Tartil Quran Putra, Azrul Hakim, Juara I lomba khat golongan hiasan mushaf Rivi Pratama Putra dan Juara I lomba khat golongan Kontemporer, Akmal Muharto. Juara II lomba Tilawah dewasa, Yanti Novita. 


Kemudian Juara II lomba tilawah anak-anak putra Latiful Tirta , Juara II lomba Hifdzil 20 Juz, Khairul Rizki, Juara II lomba Karya Tulis Ilmu Quran, Rofiq  dan Juara II lomba Hifdzil 5 Juz dan tilawah putri, Fathiyyah Arafah Afsah. 


Juara III lomba tilawah anak-anak putri, Kaysah Fitri, Juara III lomba Hifdzil Qur'an 30 Juz, Muhammad Mufit  Al Izza. 

(Rilis Kemenag Sumbar "RinaRisna")


ADSEN KIRI KANAN