Notification

×

Adsense atas

Adsen

22 Kasus Gagal Ginjal Misterius di Sumbar, Lebih dari Setengah Meninggal

Kamis, 20 Oktober 2022 | 19:30 WIB Last Updated 2022-10-20T12:30:00Z

 

Ilustrasi



Padang - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat menemukan sebanyak 22 anak mengalami kasus gagal ginjal akut misterius. Dari 22 orang, 12 dinyatakan meninggal dunia atau lebih dari setengah angka kasus.


Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Lila Yanwar mengatakan laporan tersebut terdiri dari 20 kasus di RSUP M. Djamil Padang, sementara dua lagi dari RSUD Mentawai dan RSUD Rasyidin di Padang.


“Saat ini masih ada empat orang anak masih dalam perawatan, sedangkan anak yang lain pernah mengalami kasus tersebut sudah sembuh,” ujarnya, Kamis (20/10/2022), sebagaimana dikutip Okezone.com.


Kata Lila, pasien yang sudah sembuh masih dalam pengawasan tim kesehatan. Kemudian untuk mengatasi agar kasus ini tidak meningkat, Dinkes Sumbar melakukan penyelidikan epidemiologi.


“Kami melakukan surveilans ke keluarga anak yang mengalami gangguan untuk dilakukan penyelidikan epidemiologi, kira-kira ada faktor lain,” ungkapnya.


Kata Lila, penyelidikan epidemiologi ini untuk mencari awal mulanya dan penyebabnya, apakah ada faktor terkait konsumsi obat, makan atau lingkungan. “Kita juga ingin tahu apakah keluarga yang bersangkutan pernah kena Covid-19,” ucap dia.


Setelah semua terkumpul nanti akan dilakukan gabungan data yang dianalisa oleh RSUP M. Djamil Padang, sehingga ini menjadi bahan pengetahuan masyarakat.(*)



ADSEN KIRI KANAN