Notification

×

Adsense atas

Adsen

Zelensky Terus Hubungi Pemimpin Barat, Minta Bantuan Militer

Kamis, 29 September 2022 | 09:24 WIB Last Updated 2022-09-29T02:24:00Z

 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 



KIEV  - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menghubungi sejumlah pemimpin asing untuk terus minta dukungan dalam melawan Rusia. Zelensky juga mengucapkan terima kasih atas dukungan mereka.


Sejumlah pemimpin negara yang dihubungi Zelenskydi antaranya Inggris, Kanada, Jerman dan Turki. Zelenksy mendesak pemimpin negara tersebut untuk terus memberikan bantuan militer yang lebih banyak. 


Dia juga terus menekan agar negara-negara itu terus memberikan sanksi yang lebih keras terhadap Moskow pasca-referendum palsu ilegal di empat provinsi yang diduduki sebagian di Ukraina, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Terima kasih semua atas dukungan Anda yang jelas dan tegas. Terima kasih semua telah memahami posisi kami," kata Zelensky dalam pidato video, Rabu (28/9/2022).


Dia menekankan, Ukraina tidak dapat dan tidak akan mentolerir segala upaya Rusia untuk merebut bagian mana pun dari wilayahnya.


Dilansir dari Reuters, Amerika Serikat mengatakan sedang bekerja dengan sekutu dan mitra untuk mengenakan biaya ekonomi yang parah di Moskow. Sementara eksekutif Uni Eropa mengusulkan sanksi baru.


Setelah berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Liz Truss, Zelenskiy mentweet bahwa pertahanan dan bantuan keuangan ke Ukraina harus ditingkatkan sebagai respon dari negara-negara Barat.


Dalam panggilan lain, Zelensky dijanjikan oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz terkait adanya dukungan keuangan, politik dan kemanusiaan Berlin untuk Ukraina tidak akan goyah.


Kata juru bicara pemerintah Jerman, Scholz juga mengatakan Jerman akan terus mendukung Ukraina dalam mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorialnya. Termasuk dengan pengiriman senjata. 


Sebelumnya, Presiden Volodymyr Zelenskiy meminta Kanada untuk membersihkan ranjau darat di Ukraina. Kanada memiliki teknologi yang tepat dan ambisi kemanusiaan yang tinggi untuk membantu.


"Saya mengundang Perdana Menteri Trudeau untuk memimpin upaya global untuk membersihkan tanah kami dari ranjau dan peluru Rusia," katanya dalam pidato video. (*)



ADSEN KIRI KANAN