Notification

×

Adsense atas

Adsen

Warga Way Kanan Diserang DBD, Ini Dilakukan Dinkes Way Kanan

Senin, 19 September 2022 | 17:45 WIB Last Updated 2022-10-10T10:47:06Z

.


Way Kanan - Sebanyak 115 warga Kabupaten Way Kanan, Lampung terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) selama periode Januari hingga Agustus 2022.


Kepala Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinkes Way Kanan, Didi Aswardi mengatakan, dari Januari hingga Agustus kasus DBD total ada 115, dan terbanyak pada bulan Juni yakni 37 kasus.


"Tebanyak kasus itu terjadi di Puskesmas yang ada di Kecamatan Baradatu 58 kasus," kata Didi, saat memberikan keterangan, Senin (19/09/2022).


Didi memaparkan, kasus DBD yang ada di Way Kanan setiap hari nya 1 warga yang terkena DBD. Kabar baiknya dari total kasus itu semuanya sudah sembuh dan tidak ada yang meninggal dunia.


Penyakit DBD ini lanjut Didi, disebabkan kurang nya kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan sekitar.


"Jadi ada tempat-tempat yang menjadi perindukan nyamuk apabila kita kurang menjaga kebersihan, seperti kaleng-keleng bekas, ban mobil bekas, dan tumpukan tabung bambu itu bisa perindukan nyamuk," ungkapnya.


Didi juga menjelaskan, jadi yang harus sangat diperhatikan biasanya DBD ini diantara menjelang musim hujan dan pengabisan musim hujan.


"Kita harus sangat perhatikan musim nyamuk ini terjadi menjelang musing dan pada penghabisan musim hujan biasanya, itu puncak-puncak nya," ungkapnya.


Didi menghimbau untuk masyarakat Way Kanan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pembertasan sarang nyamuk dengan 3 M.


"Jadi disekitar kita itu harus bersih, agar di sekitar kita tidak ada lagi sarang sarang nyamuk yang bisa menimbulkan DBD," tutupnya. (heri)


ADSEN KIRI KANAN