Notification

×

Adsense atas

Adsen

Walikota Pariaman ; Sinkronkan Program Pembangunan Desa dan Kelurahan Dengan Program Pemko

Kamis, 01 September 2022 | 17:33 WIB Last Updated 2022-09-02T10:38:24Z

Walikota Genius Umar memberikan sambutan dalam Rakor Pembangunan Desa dan Kelurahan yang diselenggarakan di Balairung Rumah Dinas Walikota, Kamis 1 September 2022 (foto.dok.mcp)

Kota Pariaman - Sesuai dengan Permendes Nomor 7 Tahun 2021, Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi, dan pengembangan sektor prioritas di Desa. Untuk Program Pemulihan Ekonomi diarahkan pada Jaring Pengaman Sosial, Padat Karya Tunai, Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Sektor Pertanian dan pengembangan potensi desa melalui BUMDes.


Sedangkan Program Pengembangan Sektor Prioritas, diarahkan pada Pengembangan Desa Digital dan Desa Wisata, Usaha Budidaya Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Ketahanan Pangan dan Hewani, serta Perbaikan Fasilitas Kesehatan dan Kegiatan Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19.


Sehingga Pemerintah Kota Pariaman melalui DMPDes Kota Pariaman yang dipimpin Hendri, melaksanakan kegiatan “Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Kota Pariaman Dengan Kepala Desa dan Lurah Se Kota Pariaman” yang dibuka  Walikota Genius Umar secara resmi dengan menghadirkan Narasumber Ali Ihsan, Perwakilan dari BPKP Provinsi Sumatera Barat.


Kegiatan berlangsung di Balairung Rumah Dinas Walikota yang diikuti Kepala Desa/Lurah, Kepala OPD dilingkungan Pemerintahan Kota Pariaman, dan Camat se-Kota Pariaman, Kamis (01/09/22)


Walikota Genius Umar mengatakan, Rakor hari ini terkait dengan program-program yang telah dibuat oleh pemerintah kota dengan program-program yang telah dibuat oleh Pemerintah Desa/Kelurahan.


"Untuk itu saya minta semua Kepala Desa/Lurah, dan OPD untuk hadir disini, agar semua program-program yang telah dibuat oleh Desa/Lurah, bisa di sinkronkan dengan program-program kota, sehingga pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa/Lurah dengan Pemerintah Kota bisa sejalan, demi kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman”, jelas Genius.


Kemudian, diminta kepada Kepala Desa/Lurah agar selalu melakukan koordinasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga-lembaga yang ada di Desa/Kelurahan, termasuk dengan tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang. 


"Selain itu aspirasi Badan Permusyawaratan Desa juga sangat diperlukan, karena dari aspirasi-lah, saran dan masukan dari masyarakat akan dapat terangkum" minta Walikota Genius Umar.


Dalam bidang pembangunan, tegas Genius Umar, agar Kepala Desa/Lurah se-Kota Pariaman, selalu memusyawarahkannya dengan masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada di Desa/Kelurahan, termasuk dalam pelaksanaan program pembangunan pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan.


"Program pembangunan tersebut, tentunya harus sejalan dengan RPJMD Kota Pariaman yang dituangkan nantinya ke dalam RPJMD Desa" tegas dia.


Genius menjelaskan, Pemerintah tentunya akan selalu membantu kemajuan desa dan kelurahan, baik dalam bentuk bantuan dana maupun support. Beberapa program telah dilakukan Pemerintah Daerah untuk memajukan desa dan kelurahan.


"Diantaranya melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Alokasi Anggaran Kelurahan (AAK) serta berbagai pembangunan sektoral lainnya, yang dilaksanakan oleh OPD maupun lintas sektoral lainnya. Termasuk Dana Desa yang telah digelontorkan oleh Pemerintah untuk seluruh desa yang ada di Indonesia dengan jumlah alokasi dana yang cukup signifikan” ujar Genius Umar.


Ia menegaskan, kesemua keberhasilan yang telah dibuat, saya berikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh Desa/Kelurahan Kota Pariaman. Terutama telah mau berusaha dan bekerja keras untuk membangun desa/kelurahan masing-masing.


"Hal demikian, demi membantu meringankan beban pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Pariaman” kata Genius Umar mengakhiri sambutannya. (mcp/hsa)





ADSEN KIRI KANAN