Notification

×

Adsense atas

Adsen

Wabup Optimis ke Depan Pasaman Jadi Perkampungan Al-Qur'an

Selasa, 06 September 2022 | 17:08 WIB Last Updated 2022-09-06T10:08:06Z

.


Lubuk Sikaping, fajarharapanid - Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Sabar AS mengharapkan dan optimis Pasaman ke depan menjadi perkampungan Al-Qur'an karena dipenuhi oleh anggota masyarakat --terutama kalangan generasi muda-- yang mampu tulis-baca Al-Qur'an, memahami isi kandungan Al-Qur'an, dan mengimplementasikan isi dan kandungan kitab suci umat Islam itu dalam sehari-hari.


"Kita telah sejak lama memulai langkah ke arah itu," kata Wabup Sabar AS ketika membuka secara kegiatan final lomba tahfidz se-Kabupaten Pasaman yang dipusatkan di Lubuk Sikaping, Selasa (6/9/2022). Lomba tahfidz itu sendiri merupakan bagian dari program Pemkab Pasaman di bidang pembangunan non-fisik, yaitu program 1.000 Tahfidz, yang diikuti utusan 12 kecamatan di daerah itu.


Dengan demikian, tambah mantan anggota DPRD Sumbar itu, diharapkan ke depan para generasi muda Pasaman menjadi manusia unggul yang memiliki daya saing tinggi, berbasis kemampuan dalam tulis-baca, memahami dan melaksanakan isi dan kandungan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. "Apalagi tantangan zaman ke depan diyakini akan semakin berat," tambah Wabup Sabar.


Wabup Sabar mengakui tingginya tingkat antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan itu, baik peserta atau pun dari kalangan orangtua. "Bisa dimaklumi memang, siapa pula orangtua yang tidak bangga melihat anaknya menjadi penghafal Al-Qur'an, dan melihat anaknya memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan anak-anak yang lain," katanya lagi.


Wabup Sabar berharap kegiatan tersebut dilakukan secara berkesinambungan, dan menjadi bagian dari komitmen Pemkab Pasaman, terutama untuk menopang visi dan misi daerah yang disebut dengan Pasaman Berimtaq. "Tapi dukungan masyarakat juga sangat diperlukan, karena sejatinya Pemkab Pasaman juga memiliki keterbatasan," ungkapnya.


Secara implementatif, menurut Wabup Sabar AS, program itu menuntut sinergitas semua pihak, termasuk Baznas Pasaman, Pasaman Islamic Centre, Kantor Kemenag Pasaman, para tokoh agama, dai, dan lainnya. "(Program) ini harus dilakukan secara terpadu, keroyokan, dan bersama-sama," tandasnya. Sebab, menurut Sabar AS, dengan kebersamaan tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.


Wabup Sabar AS berharap generasi muda Pasaman memanfaatkan momen itu dengan sebaik-baiknya. "Ini merupakan kesempatan emas," ungkapnya. Dikatakan, ketika Pemkab Pasaman telah membuka ruang untuk sebuah kegiatan yang dianggap penting, pada saat bersamaan diharapkan semua elemen masyarakat --terutama generasi muda-- memanfaatkannya dengan baik.


Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Pasaman H. Aznil M SE MM mengaku terharu dengan tingginya tingkat antusiasme peserta dan masyarakat mengikuti ajang final tahfidz itu. "Saya tidak mengira tingkat kedatangan masyarakat begitu banyak untuk mengikuti acara ini," kata Aznil, yang ditanya usai seremonial acara pembukaan.


Aznil juga mengatakan, pihaknya berkomitmen akan terus membantu kegiatan Pemkab Pasaman di bidang keagamaan, yang sejalan dengan salah satu program di Baznas Pasaman, yaitu Pasaman Berimtaq. Bantuan tersebut, menurut Aznil, baik dalam bentuk dukungan moril maupun bantuan material sekali pun. Untuk final tahfidz itu sendiri, dikatakan Aznil, Baznas Pasaman membantu Rp100 juta.


Sebelumnya, disebutkan Aznil, pihaknya juga telah membantu berupa beasiswa para mahasiswa Pasaman yang hafal Al-Qur'an, baik yang berada di daerah maupun yang di luar Pasaman. "Semuanya dimaksudkan agar visi dan misi Pemkab Pasaman berupa Pasaman Berimtaq bisa cepat terealisasi," tambah mantan pejabat di lingkungan Pemkab Pasaman itu.


Diikuti ratusan peserta yang berdatangan dari 12 kecamatan di Pasaman, dalam ajang final itu terdapat 10 golongan dari cabang tahfidz Al-Qur'an yang diperlombakan, yaitu golongan 1 juz putra/putri, 2 juz putra/putri, 3 juz putra/putri, 4 juz putra/putri, 5 juz putra/putri, 7 juz putra/putri, 10 juz putra/putri, 15 juz putra/putri, 20 juz putra/putri, dan 30 juz putra/putri. (spa)


ADSEN KIRI KANAN