Notification

×

Adsense atas

Adsen

Topan Nanmadol Terus Mendekat, Hampir 2 Juta Warga Jepang Diminta Mengungsi

Minggu, 18 September 2022 | 14:52 WIB Last Updated 2022-09-18T07:52:00Z

 

Ilustrasi topan


TOKYO  – Topan Nanmadol yang sangat kuat kian mendekati Pulau Kyushu, Jepang, Minggu (18/9/2022). Sekitar 1.962.000 orang di negara itu pun diperintahkan untuk mengungsi demi menghindari dampak yang ditimbulkan fenomena alam itu.  


Lembaga penyiaran Jepang, NHK melaporkan, perintah evakuasi yang dikeluarkan sejak Sabtu (18/9/2022) itu adalah berada di level keempat dari lima tingkat potensi ancaman. Pada level tersebut, pihak berwenang memberikan rekomendasi kepada penduduk untuk mengungsi ke lokasi yang aman selama evakuasi masih memungkinkan. 


Sementara pada level kelima (tingkat tertinggi), ada kebutuhan untuk menyelamatkan kehidupan warga karena ancaman langsung. Peringatan level 5 diumumkan untuk hampir 68.000 orang yang tinggal di Kota Izumi dan Nishinoomote di Prefektur Kagoshima, Pulau Kyushu,sebagaimana dikutip iNews.id.


Saat ini, topan berada di selatan Pulau Kyushu dan bergerak ke barat laut. Kecepatan angin di pusat topan mencapai 50 meter per detik (hampir 180 km per jam), dengan embusan hingga 70 meter per detik.


Embusan angin hingga 42 meter per detik telah teramati di Prefektur Kagoshima. Para ahli memperingatkan, ketinggian gelombang di laut bisa mencapai 14 meter. Ahli meteorologi juga memperingatkan akan ancaman serius banjir dan tanah longsor akibat topan itu.


Pergerakan topan Nanmadol menyebabkan 510 penerbangan di Jepang dibatalkan. Sementara pengoperasian feri dan kereta api berkecepatan tinggi di beberapa bagian juga dihentikan. Lebih dari 22.000 rumah di zona topan mengalami pemutusan aliran listrik.(*)




ADSEN KIRI KANAN