Notification

×

Adsense atas

Adsen

Tolong, Bocah di Ciamis Derita Kulit Bersisik akibat Autoimun, Butuh Bantuan Dermawan

Jumat, 23 September 2022 | 10:42 WIB Last Updated 2022-09-23T03:42:00Z

 

Kaisyya, ditemani ayah dan ibunya, Sifa Fauziah dan Dani Rahdani di ruang perawatan Wijaya Kusuma RSUD Ciamis.



CIAMIS - Nasib Kaiyya Roudhatul Ma’wa, bocah berusia 6 tahun ini, memilukan. Tak seperti anak-anak umumnya, Kaisyya, warga Kampung Sukadana, Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis itu, menderita autoimun sehingga kulitnya bersisik.


Akibat penyakit itu, Kaisyya hanya bisa terbaring menahan rasa sakit, gatal, dan perih akibat kelainan kulit di sekujur tubuh itu, sebagaimana dikutip iNews.id.


Saat ini, Kaisyya, anak perempuan, putri pasangan Sifa Fauziah (24) dan Dani Rahdani (34) ini terbaring di ruang perawatan Wijaya Kusuma RSUD Ciamis. Kaisyya ditemani ibunya Sifa Fauziah.


Untuk menghibur Kaisyya sekaligus meredakan rasa sakit, gatal, dan perih itu, Sifa memperlihatkan video kartun lewat telepon seluler ke putrinya itu. Terlihat senyum kecil di bibir Kaisyya saat melihat film kartun tersebut.


Kaisyya lahir dari keluarga kurang mampu. Dani Rahdani, sang ayah, hanya bekerja serabutan. Karena itu, Dani Rahdani sangat membutuhkan uluran tangan dari para dermawan untuk mengobati penyakit putrinya, Kaisyya.


Dani Rahdani mengatakan, penyakit yang diderita Kaisyya sejak 3 bulan lalu. Awalnya, kelainan kulit terlihat di dahi Kaisyya. Namun seiring waktu, kulit seperti bersisik dan terkelupas tersebut terus menjalar ke kepala, punggung, hingga sekujur tubuhnya.


"Sebelumnya sudah berobat ke puskesmas desa, namun tak kunjung sembuh. Persoalan ekonomi mambuat kami terpaksa merawat Kaisyya seadanya di rumah," kata Dani Rahdani, ayah Kaisyya.


Sementara itu, Kepala Desa Sukawening Hendi Hermawan berinisiatif membawa Kaisyya ke RSUD Ciamis. Hendi Hermawan mengatakan, merasa prihatin dengan kondisi Kaisyya, anak perempuan salah satu warganya.


Menurut keterangan medis dokter di RSUD Ciamis, kata Kades Sukawening, Kaisyya mengalami kelainan kulit yang disebabkan oleh proses autoimun. Selain terasa perih dan gatal, kondisi kulit Kaissya mengalami peradangan hingga kering seperti bersisik.


"Kami sangat berharap uluran tangan dari para dermawan untuk membantu kesembuhan Kaisyya agar bisa kembali bermain dan ceria seperti anak anak sebayanya," kata Kades Sukawening Hendi Hermawan. (*)





ADSEN KIRI KANAN