Notification

×

Adsense atas

Adsen

Tim Medis TNI AL Selamatkan Anak yang Telan Kunci

Jumat, 23 September 2022 | 14:44 WIB Last Updated 2022-09-23T07:44:41Z

.


Jakarta, fajarharapan.id - Rumah Sakit TNI AL dr. Minthohardjo turun tangan memberikan bantuan berupa tindakan medis kepada seorang anak asal Kabupaten Indramayu, Muhamad Zul Zalaly wal Ikrom yang viral di media sosial akibat aksinya yang tidak sengaja menelan anak kunci. 


Kejadian naas ini berawal saat Muhamad Zul Zalaly wal Ikrom bermain HP dalam posisi tiduran dan tidak sengaja menelan anak kunci hingga sampai ke tenggorokan, selanjutnya oleh sang Ibu dibawa ke klinik dan dirujuk ke RSUD Indramayu. Saat dilaksanakan rontgen anak kunci sudah sampai di usus besar. Kejadian yang awalnya viral dimedia sosial ini  juga terpantau oleh TNI AL sehingga turut serta mencari keberadaan anak malang ini dan ditemukan selanjutnya melalui tim Kesehatan Lanal Cirebon dibawah pimpinan Letda Laut (K) dr. Rudy Kaprisyah di evakuasi ke RSAL Mintohardjo dengan menggunakan ambulance dikawal mobil kawal pomal Lanal Cirebon.


Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono berkesempatan mengunjungi pasien di Ruang perawatan Pulau Marore sesaat setelah kedatangan pasien Muhamad Zul Zalaly wal Ikrom, (9th) yang didampingi sang Ibu Nina Listiana dan Bupati Indramayu, Jumat (23/9) pagi tiba di RSAL Mintohardjo diterima Kepala Rumah Sakit (Karumkit)Sapta Prihartono Rachman, SpBA didampingi Wakamed Kolonel Laut (K) dr. Dede SpPD.KGH dan Kepala Departemen Bedah Kolonel Laut (K)  dr. Pribadi Arif.W, SpB, .KBD.


Karumkit RSAL dr. Mintohardjo telah memerintahkan Kepala Departemen Bedah Kolonel Laut (K)  dr. Pribadi Arif. W, SpB, .KBD.beserta tim untuk memberikan penanganan langsung terhadap pasien dengan tindakan operasi sehingga seluruh persiapan telah dilaksanakan sejak tadi malam untuk dilaksanakan operasi hari ini. 

 “Namun hari ini ketika pemeriksaan terakhir dilaksanakan sebelum pelaksanaan operasi, anak kunci tersebut sudah tidak ditemukan lagi keberadaan. Kemungkinan karena hari ini sudah hari yang ke7, anak kunci sudah keluar saat si anak buang air besar”, jelas Kolonel Pribadi.


 Tindakan operasi urung dilakukan, bahkan pasien kemungkinan akan segera dipulangkan menunggu koordinasi dengan Dinas Kesehatan Indramayu, tambahnya.


Penanganan medis yang dilakukan oleh para tenaga Kesehatan TNI AL ini sebagai wujud kepedulian dan pengaplikasian kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu memberikan penekanan agar keberadaan prajurit TNI AL dimanapun dapat membawa dampak yang positif bagi masyarakat sekelilingnya. 

(Dispenal)



ADSEN KIRI KANAN