Notification

×

Adsense atas

Adsen

Puluhan Wartawan Datangi Kantor KPU Padang Pariaman, Ada Apa Gerangan.

Minggu, 04 September 2022 | 17:45 WIB Last Updated 2022-09-04T10:45:04Z

Ketua KPU Padang Pariaman, Zulnaidi saat menyampaikan materi pada sosialisasi pemilih pemula terhadap wartawan Se-Padang Pariaman/Kota Pariaman diaula KPU, Parik Malintang . Minggu, 4/09/2022. 







Padang Pariaman
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman lakukan coffe morning bersama seluruh wartawan Se-Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman di aula KPU, Parik Malintang. Minggu, 4 September 2022. 


Ketua KPU Kabupaten Padang Pariaman, Zulnaidi mengatakan media pers berperan penting terhadap jalanya roda demokrasi dan mengawal proses pesta demokrasi. Hal ini  sesuai dalam Undang Undang, pers bagian dari empat pilar demokrasi dalam mengawal jalanya pesta demokrasi Indonesia. 

Karena itu, proses tahap demi tahap menjelang pemilu 2024 yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Padang Pariaman. Sudah mesti diawasi dan dikawal oleh pers. Sehingga ketika ada beberapa media maka pers bia mengingatkan untuk lebih baiknya jalan demokrasi bangsa kita ini, termasuk pihak kami. Ujar Zulnaidi 


Ia menambahkan perang penting KPU agar membuat tingginya minat pemilih untuk memilih disini pentingnya pendidikan politik bagi masyarakat agar memiliki kesadaran. 

Namun dalam hal ini, Perilaku politik sangat memengaruhi masyarakat dalam memilih. Sehingga, ini perlu kepedulian seluruh pihak dalam menjadikan kepekaan kita dalam memilih bukan hanya KPU Kabupaten Padang Pariaman. 

Divisi Teknis KPU Kabupaten Padang Pariaman, Ory Sativa juga menuturkan bahwa tahun ini KPU RI menggunakan SIPOL, sehingga membantu untuk lebih memudahkan peserta dalam mendaftar dan tidak perlu banyak membawa dokument ke kantor KPU RI.  

" KPU  Kabupaten Padang Pariaman  hanya melakukan verifikasi dokument ke anggotaan partai saja. Untuk subtansi, ada tiga poin MS (memenuhi syarat) BMS (belum memenuhi syarat)  TMS (tidak memenuhi syarat)" 

Ori sativa menyampaikan hingga saat ini, ada 4 orang namanya yang dicatut oleh partai yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. 


Sementara itu divisi sosialisasi KPU Kabupaten Padang Pariaman, Erik Strada menambahkan bahwa daftar pemilih tetap tahun 2019 sebanyak 313.987, sedangkan pengguna hak pilih 217.585 dan untuk partisipasi pemilu 2019 sebanyak 69.30%. 

Ia menambahkan KPU Padang Pariaman telah berupaya melakukan sosialisasi pemilih terutama terhadap pemilih pemula yakni melakukan praktek pemilihan ketua OSIS di salah satu SMA yang ada di Padang Pariaman. 

"Alhamdulillah kegiatan yang dilakukan bejalan lancar, dimana peserta yang melibatkan anak SMA begitu antusias mengikuti proses pemilihan ketua OSIS hingga selesai terpilih ketuanya" 

Hal ini sengaja kita siapkan dan dipraktekan lansung di sekolah, agar pemilih pemula bisa menjadi garda terdepan dalam menyampaikan pentingnya memberikan hak pilih pada saat pesta demokrasi dan tidak memilih golput ketika waktu pemilu nanti. Harap erik (Heri





ADSEN KIRI KANAN