Notification

×

Adsense atas

Adsen

Program 1.000 Tahfidz Sudah Terasa Dampaknya di Pasaman

Senin, 05 September 2022 | 17:57 WIB Last Updated 2022-09-05T10:57:11Z

.


Lubuk Sikaping, fajarharapan.id - Koordinator Dewan Hakim Program 1.000 Tahfidz Pemkab Pasaman, H. Nasbin Panyahatan Lc MA, menyatakan, dari program 1.000 Tahfidz yang diluncurkan oleh Pemkab Pasaman diharapkan akan lahir generasi muda Pasaman yang Qurani, sesuai dengan visi dan misi Pemkab Pasman, yaitu Pasaman Berimtaq. 


"Sekarang saja dampaknya sudah terasa," tambah Nasbin yang juga Ketua Harian BPPIC (Badan Pengelola Pasaman Islamic Centre) itu di Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, Senin (5/9/2022). Nasbin lalu menunjuk sejumlah rumah peribadatan umat Islam yang ramai saat Magrib, untuk menunjang program Magrib Mengaji.


Dikatakan, setiap datang waktu shalat Magrib, sejumlah rumah peribadatan umat Islam di daerah itu diramaikan oleh kegiatan yang diberi nama dengan Magrib Mengaji, yang sebagian besar diisi oleh kalangan generasi muda. "Sangat membanggakan," katanya.


Untuk jangka panjang, menurut Nasbin, melalui program 1.000 Tahfidz diharapkan akan lahir generasi muda penghafal Al-Qur'an di Kabupaten Pasaman, sesuai dengan visi dan misi Pemkab Pasaman. "Kita sudah tahu Pemkab Pasaman menginginkan generasi mudanya menjadi penghafal Al-Qur'an," sambungnya.


Jauh sebelumnya, menurut Nasbin, Pemkab Pasaman juga sudah menggebyarkan program serupa ke sejumlah lembaga pendidikan yang ada di daerah itu, mulai dari tingkat TK sampai SMA. 


"(Program) ini akan terus berkesinambungan, kerja sama antara PIC (Pasaman Islamic Center), Baznas Pasaman dan Pemkab Pasaman melalui Bagian Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setdakab Pasaman," tambah Nasbin.


"Tiga rumpun ini akan terus menjalin kerja sama untuk melaksanakan program-program serupa di tahun-tahun mendatang," kata Nasbin, yang menginformasikan program 1.000 Tahfidz tidak hanya dilakukan di tahun anggaran 2022 saja, melainkan akan terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.


Dikatakan, Program 1.000 Tahfidz itu ditargetkan akan tercapai di tahun 2024 mendatang. "Tapi melihat realitas yang ada saat ini, target 1.000 tahfidz pada tahun 2024 mendatang diyakini akan bisa terlampaui," tambahnya.


"Sejumlah tahapan ke arah itu sudah dilakukan," tambahnya. Nasbin menyebut diaktifkannya kembali Pasaman Islamic Center (PIC), antara lain dimaksudkan untuk mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan di Pasaman. "Saat ini kita di PIC sudah kita membina 24 guru tahfidz, yang sudah tersebar di seluruh kecamatan di Pasaman," tambahnya. 


Nasbin memberi catatan khusus soal antusiasme masyarakat Pasaman untuk mengikuti program 1.000 Tahfidz, baik para santri sebagai calon peserta maupun para orangtua dan wali murid. "Antusisme masyarakat sangat membanggakan dan membuat haru," katanya.


Malah, menurut Nasbin, ada di antara calon peserta yang sampai menangis lantaran tidak bisa masuk mengikuti program 1.000 Tahfidz itu, misalnya karena terlambat mendaftar. "Bila dihadapkan dengan realitas itu, kita mencara cara agar si anak tetap bisa ikut, antara lain dengan mengalihkan ke kecamatan lain," sebutnya lagi.


Sebelumnya, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Pasaman Linggoman S.Pd. MM melalui Analis Kebijakan Muda Taufiq S.Ag., menjelaskan tujuan utama dari program 1.000 Tahfidz adalah untuk menciptakan hafidz dan hafidzah yang andal, yang kegiatan tersebut didanai sebesar Rp140 juta melalui APBD Pasaman. Sumber dana lainnya yaitu dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Pasaman sebesar Rp100 juta.


Secara keseluruhan, dijelaskan Taufiq, untuk seleksi di tingkat kecamatan diikuti sebanyak 1.072 peserta, dan yang dinyatakan lulus sebanyak 836 orang peserta. "Yang dinyatakan lulus di tingkat kecamatan ini, nanti akan mengikuti babak final yang akan dipusatkan di Lubuk Sikaping untuk 10 golongan dari cabang tahfidz Al-Qur'an yang diperlombakan pada Selasa (6/9/2022)," ujar Taufiq.


Dijelaskan Taufiq, terdapat 10 golongan dari cabang tahfidz Al-Qur'an yang diperlombakan, yaitu golongan 1 juz putra/putri, 2 juz putra/putri, 3 juz putra/putri, 4 juz putra/putri, 5 juz putra/putri, 7 juz putra/putri, 10 juz putra/putri, 15 juz putra/putri, 20 juz putra/putri, dan 30 juz putra/putri. (spa)


ADSEN KIRI KANAN