Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pendaki Perempuan Terbaik Dunia Tewas Tertimbun Longsoran Salju di Nepal

Kamis, 29 September 2022 | 12:38 WIB Last Updated 2022-09-29T05:38:00Z

Pendaki perempuan senior asal Amerika, Hilaree Nelson yang hilang di Gunung Manaslu Nepal ditemukan tewas.


KATHMANDU  - Pendaki perempuan senior asal Amerika yang hilang di Gunung Manaslu Nepal ditemukan tewas. Jasadnya ditemukan tertimbun longsoran salju di bawah puncak.  Hilaree Nelson (49) ditemukan pada Rabu (28/9/2022) di bawah puncak gunung yang memiliki ketinggian 8.138 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Sebelumnya dia dinyatakan hilang pada Senin (26/9/2022) pagi waktu setempat. 


Menurut rekan Nelson, Jim Morrison dan pihak sponsor, The North Face, saat kejadian, mereka berdua meluncur turun dari puncak untuk ski. Nahas, Nelson terlempar oleh longsoran salju kecil.  "Dia tersapu di bagian kakinya dan terseret menuruni lereng salju sempit di sisi selatan (berlawanan dari rute pendakian) gunung," kata Morrison,sebagaimana dikutip iNews.id.


Tim pencarian dan penyelamatan tidak dapat menemukan tubuh Nelson sampai Rabu. Sementara Morrison dan seorang sherpa diterbangkan ke tempat dengan ketinggian 22.000 kaki di atas gunung.


"Saya di Kathmandu dengan dia dan semangatnya. Kehilangan saya tak terlukiskan dan saya fokus pada anak-anaknya dan langkah mereka ke depan," kata Morrison dalam sebuah posting Instagram. 


Nelson dibesarkan di Seattle. Dia dianggap sebagai salah satu pendaki gunung perempuan terbaik dunia. Pada saat kematiannya, dia tinggal di Telluride, Colorado bersama kedua putranya.


"Hari ini kami kehilangan pahlawan, mentor dan teman kami. Hilaree Nelson memiliki semangat sebesar tempat yang dia tuju," tulis The North Face di Twitter.(*)





ADSEN KIRI KANAN