Notification

×

Adsense atas

Adsen

Penampilan Para Hafidz dan Hafidzah Memuaskan

Selasa, 06 September 2022 | 17:12 WIB Last Updated 2022-09-06T10:12:06Z

.


Lubuk Sikaping, fajarharapan.id - Koordinator Dewan Hakim Lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten Pasaman, H. Nasbin Panyahatan Lc MA, menyatakan bahwa kemampuan para hafidz dan hafidzah yang tampil dalam Lomba Hafidz Tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2022 sangat membuaskan. "Sebagian besar dari mereka mampu menunjukkan kemampuan yang membanggakan," katanya.


"Mungkin karena mereka orang-orang pilihan, makanya mampu menunjukkan kemampuan yang lebih," kata Nasbin, yang dimintai komentarnya soal kemampuan para hafidz dan hafidzah dalam lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten Pasaman, yang dipusatkan di Lubuk Sikaping, ibukota Pasaman, Selasa (6/9/2022). Lomba itu sendiri dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS.


Menurut Nasbin yang juga Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Pasaman tersebut, para peserta yang ikut bertarung di partai final itu sebelumnya telah lulus dalam serangkaian seleksi dan lomba yang digelar di tingkat kecamatan, pada 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman. "Karena semua mereka pemuncak di tingkat kecamatan, maka pantas saja kemampuan mereka rata-rata tinggi," ungkap Nasbin.


Dari sejumlah item penilaian yang dilakukan dewan juri, menurut Nasbin yang juga Ketua Harian BPPIC (Badan Pengelola Pasaman Islamic Centre) itu, yang paling dominan dikuasai oleh para peserta adalah hafalan. "Karena nilai untuk hafalan tinggi, mencapai 50, maka banyak peserta yang menguasai hafalan," ungkapnya. Penilaian lainnya mencakup tajwid, suara, dan lainnya.


Nasbin yakin, bila kelak para finalis di lomba tingkat kabupaten itu terus mengasah kemampuannya, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi andalan Pasaman pada lomba serupa di tingkat provinsi, bahkan nasional. "Kita juga berharap Pemkab Pasaman untuk terus memberikan mereka pembinaan yang dibutuhkan, karena sejatinya mereka menjadi harapan Pasaman ke depan," ungkap Nasbin.


Nasbin menyatakan memberi apresiasi terhadap Pemkab Pasaman sebagai penyelenggara kegiatan itu, yang didukung Baznas Pasaman dan PIC. "Ini sebuah langkah dengan sptektrum yang jauh ke depan," ungkap Nasbin. Di tengah tantangan zaman yang kian berat, menurut Nasbin, dituntut secara dini untuk menyiapkan SDM (sumber daya manusia) yang kualifaid.


"Kita sulit membayangkan nasib generasi muda ke depan kalau tidak dari sekarang dibekali dengan imu-ilmu bermanfaat yang bisa menjadi pegangan hidup," ungkapnya. Menguasai tulis-baca Al-Qur'an, memahami isi dan kandungannya, yang kemudian menjadi pedoman dalam hidup sehari-hari, menurut Nasbin, merupakan sebuah modal dasar yang sangat berharga.


Diungkapkan juga oleh Nasbin, para pemenang di semua cabang yang dilombakan di partai final Lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten Pasaman itu, kelak akan diumumkan dalam acara bertajuk wisuda akbar, yang direncanakan akan dipusatkan di GOR (gelanggang olahraga) Tuanku Tambusai Lubuk Sikaping pada 28 September mendatang.


Sebelumnya, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS yang secara resmi membuka kegiatan itu, mengharapkan Pasaman ke depan menjadi perkampungan Al-Qur'an karena dipenuhi oleh anggota masyarakat --terutama kalangan generasi muda-- yang mampu tulis-baca Al-Qur'an, memahami isi kandungan Al-Qur'an, dan mengimplementasikan isi dan kandungan kitab suci umat Islam itu dalam sehari-hari.


Menurut Wabup Sabar AS, diharapkan ke depan para generasi muda Pasaman menjadi manusia unggul yang memiliki daya saing tinggi, berbasis kemampuan dalam tulis-baca, memahami dan melaksanakan isi dan kandungan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. "Apalagi tantangan zaman ke depan diyakini akan semakin berat," tambah mabtan anggota DPRD Sumbar itu.


Diikuti ratusan peserta yang berdatangan dari 12 kecamatan di Pasaman, dalam ajang final itu terdapat 10 golongan dari cabang tahfidz Al-Qur'an yang diperlombakan, yaitu golongan 1 juz putra/putri, 2 juz putra/putri, 3 juz putra/putri, 4 juz putra/putri, 5 juz putra/putri, 7 juz putra/putri, 10 juz putra/putri, 15 juz putra/putri, 20 juz putra/putri, dan 30 juz putra/putri. (spa)


ADSEN KIRI KANAN