Notification

×

Adsense atas

Adsen

Nagari Talang Tangah Musrenbang, Ini Pesan Wakil Ketua DPRD Anton Yondra

Senin, 19 September 2022 | 19:26 WIB Last Updated 2022-09-20T00:35:56Z

 



 Tanah Datar, fajarharapan.id- Musyawarah Rencana Pembangunan Nagari (Musrenbang) Nagari Talang Tengah, Kecamatan Sungai Tarab, Senin (19/09) berjalan lancar, dihadiri Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Antaon Yondra, SE, MM dan Staf Ahli Bupati, dr. Edmon Reflin


 Dalam sambutannya Anton Yondra mengatakan, Nagari Talang Tengah harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) dan menjadi prioritas.


Menurut Anton, masih banyak yang perlu diperhatikan di Nagari Talang Tengah ini, seperti Kantor Wali Nagari yang mesih berstatus hak pakai, belum milik sendiri.


Anton Yondra pun berjanji akan mbatu pembangunan Kantor Wali. Nagari Talang Tengah


“Sebagai Anggota DPRD saya siap membantu pembangunan Kantor Wali Nagari dan saya sudah menganggarkan untuk tahun ini sebesar 100 juta rupiah. Untuk tahun depan 150 juta dan Insya Allah akan kita tingkatkan di tahun-tahun berikutnya” sampai Anton Yondra.


Legislator yang satu ini juga mengatakan bahwa dalam Musrenbang tentunya merencanakan kegiatan untuk tahun 2024 dimana Anggara dana betasal APBD.


Anton juga katakan, Dana Bantuan Keuangan Bersifat Khusus (Dana BKBK) tahun 2022 Nagari Talang Tengah termasuk yang paling kecil yaitu sebesar Rp. 10 juta. Dana tersebut berasal dari Pokir Anggota DPRD.


Anton juga ingatkan agar Musrenbang dilaksanakan untuk membangun Nagari bukan berdasarkan keinginan tetapi berdasarkan kebutuhan.


Sementara Wali Nagari Talang Tangah Andry Andres memaparkan capaian realisasi belanja Nagari sampai September 2022 sebanyak 68-70%. “Dan mudah-mudahan akhir tahun ini bisa terealisasi 100%” ungkapnya


Terkait prioritas pembangunan Andry Andres mengatakan, prioritas kegiatan yang didanai APBD tahun 2023 diantaranya, Rehab Pustu, Rehab SD, Pengadaan Ambulan, Sarana dan Prasarana Pendidikan, pembangunan drainase jalan, tebing jalan, pembangunan bahu jalan, perikan jalan, Pembukaan jalan tembus antara Talang Tangah- Padang Laweh, Pengadaan ternak, pupuk bersubsidi,

Rehab gedung Wali Nagari,Pelatihan keagamaan serta peningkatan kapasitas Yasinan.


Staf Ahli dr. Edmon Reflin mengatakan, Musrenbang tidak harus dengan biaya besar, bisa jadi program tersebut sedikit biayanya tapi program tersebut merupakan prioritas.


“Prioritas maksudnya memang program tersebut benar-benar diperlukan oleh masyarakat banyak” ucap Edmon.


Edmon juga katakan, pengelolaan Dana Desa harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku. “Walaupun uangnya sedikit tapi pengawasan tetap jalan. Untuk itu diharapkan dalam pengelolaan dana ini benar-benar hati-hati sesuai dengan regulasi” pungkasnya.


Turut hadir dalam Musrenbang tersebut Kadis Koperindag Hendra Setyawan, Camat Sungai Tarab Arianto, S.STP, Forkopimca, Wali Nagari se -Kecmatan Sungai Tarab serta undangan lainnya. (Veri)


ADSEN KIRI KANAN