Notification

×

Adsense atas

Adsen

Karya Bakti TNI AL di Lombok Tengah

Jumat, 02 September 2022 | 18:32 WIB Last Updated 2022-09-02T11:32:27Z

.


Jakarta, fajarharapan.id -  TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan serbuan Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) TNI AL Tahun Anggaran  2022. Kali ini Desa Pemekaran Awang, Kecamatan Pujut,  Kabupaten Lombok Tengah yang berada di wilayah Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram dijadikan lokasi serbuan Karbak TNI AL.  


Karbak yang dipimpin langsung oleh Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Djawara Whimbo ini ditinjau oleh Sekretaris Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Sekdispotmaral) Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Aswan Candra mewakili Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi AS. pada Kamis (01/09/2022) kemarin bertempat di Posyandu Bahari Desa Pemekaran Awang. 


Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan secara simbolis hasil Karya Bakti dari berupa renovasi Posyandu, renovasi rumah pintar dan renovasi tempat wudhu dan kamar mandi masjid kepada perangkat desa Pemekaran Awang, dan diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial bahan kontak berupa sembako kepada masyarakat. 


Kadispotmaral dalam amanatnya yang dibacakan Sekdispotmaral menyatakan bahwa penyelenggaraan Karya Bakti Wilayah Perbatasan TA 2022 TNI Angkatan Laut diharapkan dapat turut serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan, khususnya di wilayah perbatasan yang sulit dijangkau melalui program-program kemasyarakatan yang menitikberatkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim. Ke depan Desa Awang ini akan dijadikan Kampung Bahari Nusantara TNI AL.


Kegiatan Karbak ini adalah upaya TNI AL dalam mengoptimalkan pembinaan potensi maritim dalam rangka menyiapkan wilayah pertahanan laut dan pendukungnya secara dini, serta mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam peningkatan sumber daya masyarakat pesisir dan hasil karya bhakti TNI Angkatan Laut dapat bermanfaat bagi masyarakat. Hal tersebut selaras dengan Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudho Margono agar menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan. 


Selain kegiatan yang mencakup fisik, sehari sebelumnya juga dilaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela negara dan ideologi Pancasila, pelatihan budi daya ikan nila, budi daya kepiting dan udang, penyuluhan protokol kesehatan dan bahaya Covid-19, virus cacar monyet, penyuluhan tentang stunting atau gizi buruk pada balita, serta pelaksanaan Vaksin Covid-19.  


Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Tengah H. Lalu Kamri yang mewakili Bupati Lombok Tengah, stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar Desa Pemekaran Awang. 

(Dispenal)



ADSEN KIRI KANAN