Notification

×

Adsense atas

Adsen

KAN Ujung Gading Dinilai Tim Provinsi Sumbar

Rabu, 14 September 2022 | 21:01 WIB Last Updated 2022-09-14T14:01:58Z

.


Pasbar, fajarharapan.id - Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi menghadiri sekaligus menyambut Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka melakukan verifikasi dan Penilaian Lapangan terhadap Kerapatan Adat Nagari (KAN) Ujung Gading, Selasa (13/9/202)


Kegiatan dimulai dengan penyambutan rombongan tim penilai di halaman kantor wali nagari Ujung Gading dan dilanjutkan dengan pawai menuju Rumah Gadang atau Kantor KAN Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.


Pada kesempatan itu, Bupati Hamsuardi mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai unsur KAN yang utuh dan terpadu dalam KAN Ujung Gading. Kedatangan tim penilai dalam melakukan verifikasi dan penilaian lapangan, diharapkan dapat memberikan evaluasi dan menjadikan KAN Ujung Gading keluar sebagai KAN Terbaik Sumbar.


"KAN kita ini termasuk KAN istimewa di Pasbar. Terbukti dengan kedatangan dari semua unsur KAN Ujung Gading, ada Datuak, Niniak Mamak, Alim Ulama, serta Cadiak Pandai hadir disini. Ranah salido, semua sudah hadir mendukung KAN Ujung Gading. Besar harapan kami KAN Ujung Gading berhasil menjadi terbaik di Sumbar nantinya," ucap Bupati Hamsuardi.


Sementara itu, Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar, Quartita Evari Hamdiana mengucapkan selamat, dan mengapresiasi Pasbar dibawah kepemimpinan Bupati Hamsuardi. Ia menyebutkan, Kabupaten Pasaman Barat merupakan satu-satunya kabupaten yang masuk nominasi ketiga jenis penilaian yang dilakukan tim penilai.


"Kami mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada pak bupati. Ini adalah penilaian kami ke 3. Ada tiga jenis penilaian di bidang kelembagaan masyarakat dan adat yakni KPM, posyandu dan KAN. Ketiganya yang masuk nominasi hanya Pasbar. Mudah-mudahan akan memperlihatkan komitmen daerah terkait dengan masyarakat," sebutnya.


Lomba ini lanjutnya, memperlihatkan jalannya organisasi KAN dan bagaimana penyelenggaraan KAN sesuai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Ini merupakan program unggulan Gubernur Sumbar. Aspek penilaian meliputi aspek kelembagaan, aspek penyelenggaraan adat, aspek kompetensi, serta aspek kerjasama antar lembaga.


Turut hadir dalam kegiatan, rombongan tim penilai Provinsi Sumatera Barat, Ketua TP PPK, Kepala DPMN, Kabag Pemnag, Forkopimca, Ketua KAN Nagari Ujung Gading, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Bamus, Unsur KAN, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Cadiak Pandai, tokoh masyarakat, Dai Nagari dan stakeholder terkait lainnya.(By Roni)


ADSEN KIRI KANAN