Notification

×

Adsense atas

Adsen

Jenazah Ratu Elizabeth II Diterbangkan ke London Hari Ini

Selasa, 13 September 2022 | 15:19 WIB Last Updated 2022-09-13T08:19:00Z

 

Raja Charles III dan saudara kandungnya melakukan renungan di dekat peti jenazah Ratu Elizabeth II



EDINBURGH - Peti jenazah Ratu Elizabeth II akan diterbangkan ke London, Selasa (13/9/2022) malam waktu setempat setelah disemayamkan di Katedral St Giles, Kota Edinburgh, Skotlandia. Raja Charles III serta saudara-saudara kandungnya juga berkumpul di sana. 


Jenazah akan langsung dibawa ke Istana Buckingham untuk diinapkan semalam. Kemudian pada Rabu besok, peti dibawa menggunakan kereta ke Westminster Hall. Di sana jenazah akan disemayamkan sampai Senin (19/9/2022) serta digelar upacara pemakaman kenegaraan,sebagaimana dikutip iNews.id.


Masyarakat diberi kesempatan untuk memberikan penghormatan dengan melewati peti yang ditutup bendera Royal Standard serta benda simbol monarki Inggris, orb dan tongkat kerajaan, di atasnya. Sementara itu Raja Charles III bersama para saudara kandungnya, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward menggelar renungan selama 10 menit di Katedral St Giles pada Senin kemarin. Mereka berdiri di empat sisi peti sambil membelakangi dan menundukkan kepala. Di saat bersamaan, warga silih berganti melintas memberi penghormatan terakhir.


Setelah melakukan renungan, keempat putra-putri mendiang meninggalkan lokasi diiringi suara tepuk tangan dan riuh dari masyarakat yang rela antre di luar katedral.


"Saya terpesona dengan kenyataan bahwa saya berada di katedral bersama Ratu Elizabeth, yang saya hormati sepanjang hidup," kata Marie Claire Cross (55), seorang pelayat, dikutip dari Reuters. Warga lainnya, Frances Thain (63), mengaku terkejut menyaksikan langsung empat anak mendiang ratu saat dia memasuki katedral.  "Saya sempat kewalahan karena begitu banyak yang harus diambil," katanya.


Raja Charles III melakukan perjalanan ke empat wilayah bagian dari Inggris Raya sebelum pemakaman Ratu Elizabeth II. Selain raja Britania Raya, pria 73 tahun itu juga menjadi kepala negara di 14 negara lain, termasuk Australia, Selandia Baru, Kanada, dan Jamaika. Hari ini Raja Charles III akan berkunjung ke Irlandia Utara. Di Ibu Kota Belfast, dia akan bertemu para politisi senior dan pemimpin agama serta menghadiri kebaktian di Katedral St Anne sebelum kembali ke London.(*)



ADSEN KIRI KANAN