Notification

×

Adsense atas

Adsen

Hemat Energi, Jembatan Terpanjang di Yunani Gelap Gulita

Kamis, 22 September 2022 | 13:20 WIB Last Updated 2022-09-22T06:20:00Z

Jembatan Terpanjang di Yunani Padamkan Lampu. 


Jakarta - Jembatan kabel pancang terpanjang di dunia yang ada di Yunani mematikan sebagian lampu hiasnya untuk menghemat energi setelah harga melonjak.


Jembatan Rio-Antirio dengan panjang hampir 3 kilometer (Km) yang melintasi selat Teluk Korintus, biasanya terlihat dari jauh. Namun kini jembatan itu gelap.


Diresmikan pada malam Olimpiade Athena pada 2004, jembatan ini merupakan bangunan terkenal di Yunani karena konstruksinya yang mengesankan dan merupakan jembatan terpanjang di negara itu,sebagaimana dikutip Okezone.com


Lampu hias yang dipadamkan terdiri dari 800 dari 1.500 lampu di jembatan itu. Sisanya harus tetap menyala.


Pemadaman lampu itu akan menghemat energi 7% dari 52% energi yang dikonsumsi oleh sistem penerangan di jembatan.


Gedung-gedung umum juga mengambil langkah serupa, memadamkan lampu luar dan tindakan lain, setelah pemerintah meminta kota dan entitas negara untuk mengurangi konsumsi energi.


Gedung parlemen neoklasik Yunani dan kantor walikota di Athena telah mematikan lampu eksterior mereka pada malam hari.


Kotamadya Athena juga mengganti 46.000 bola lampu di kota itu dengan bola lampu LED untuk mengurangi konsumsi energi sampai 60% dari 25 juta kilowatt jam per tahun menjadi 10 juta kilowatt jam. Lampu hemat energi juga dipasang di sekolah-sekolah.


Sebanyak 212.000 fasilitas negara mengonsumsi 5.340 gigawatt jam listrik tahun lalu, sekitar 10,8% dari total konsumsi energi Yunani.(*)



ADSEN KIRI KANAN