Notification

×

Adsense atas

Adsen

Genius Umar Tinjau Fasilitas PDU Sampah Kota Pariaman di Desa Tungkal Utara

Minggu, 04 September 2022 | 20:11 WIB Last Updated 2022-09-05T13:12:04Z

Walikota Genius Umar tinjau fasilitas Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah Kota Pariaman di Desa Tungkal Utara, Minggu 4 September 2022 (foto.dok.mcp


Kota Pariaman
- Wali Kota Pariaman Genius Umar tinjau Fasilitas Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah Kota Pariaman, yang berada di Desa Tungkal Utara, Kecamatan Pariaman Utara, Minggu siang (04/09/22).


Pembangunan Fasilitas PDU Sampah di Kota Pariaman ini, berkapasitas 10 ton/hari itu. Bantuan ini berasal dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, dengan menelan anggaran mencapai Rp 3,4 miliar, dari APBN KLHK RI tahun 2021 yang lalu.


“Pembangunan Fasilitas PDU Sampah bantuan dari KLHK RI ini, hanya ada 4 di Indonesia. Yakni di Kota Pariaman (Sumbar), dan Kota Metro (Lampung), Kabupaten Merangin (Jambi) serta Kabupaten Kudus (Jawa Tengah),” ujar Genius.


Ia juga mengatakan, dengan adanya fasilitas PDU Sampah di Desa Tungkal Utara ini, maka sampah dapat dipilah mulai dari awal, mulai dari sampah rumah tangga sampai menuju PDU. Jadi sampah yang sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) adalah betul-betul residu, yang jumlahnya tinggal sedikit.


"Dengan pemilahan sampah yang nanti kita proses di PDU, kebersihan kota dapat lebih terjaga nantinya. Sehingga mendukung Kota Pariaman sebagai tujuan wisata. Apalagi konsep pengelolaan sampah ini adalah konsep Green Tourism di Kota Pariaman," tuturnya.


Genius juga menyebutkan,dalam waktu dekat, Wakil Menteri LHK RI, Alue Dohong, Phd, akan meninjau PDU Sampah Desa Tungkal Utara di Kota Pariaman ini. Sehingga fasilitas dan sarana serta prasarana PDU ini, harus sudah kita lengkapi dan bisa beroperasi dalam waktu dekat.


“Bantuan PDU dari KLHK RI ini berupa pembangunan Gedung dan Fasilitas pendukung lainya. Seperti mesin pencacah, baik organik maupun non organik dan mesin pembuat Kompos dan fasilitas lainya,” tutupnya. (mcp/hsa).



ADSEN KIRI KANAN