Notification

×

Adsense atas

Adsen

Gebyar Talago Biru Nagari Atar Diresmikan Bupati Ditandai Dengan Memandikan Kabau Batanduak Ameh dan mambaka Talago

Sabtu, 03 September 2022 | 13:04 WIB Last Updated 2022-09-03T08:27:10Z

 




Tanah Datar, fajarharapan.id - Bupati Tanah Datar membuka secara resmi Gebyar Talago Biru Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, Sabtu (3/9-22) Di Talago Biru, Atar.


Kegiatan Alek Nagari Nagari Atar, Padang Ganting tersebut diramaikan anak nagari setempat sebagai bentuk upaya Maayarakat membangkitkan kembali budaya masa lalu dalam program Satu Nagari Satu Iven.


Hadir juga mendampingi Bupati Tanah Datar, Ketua DPRD H. Rony Mulyadi, SE Dt. Bungsu, SE beserta Anggota DPRD asal Nagari Atar, Jasmadi, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala OPD, pimpinan Bank, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar dan M.Shadiq Pasadigoe (Mantan Bupati Tanah Datar 2 periode) Tokoh masyarakat perantau Atar, H. Yusparnan


Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam sambutannya mengatakan Gebyar Talago Biru Nagari Atar Iven akan menjadi daya tarik bagi Masyarakat sendiri, wisatawan dan khususnya bagi perantau Tanah Datar mendoro untuk pulang kampung melihat kekayaan budaya yang muncul setelah dilaksanakannya Satu uven satu nagari ini.


Program Satu Iven Satu Nagari, Gebyar Talago Biru ini diharapkan akan mempunyai dampak terhadap peningkatan pengembangan wisata di Talago Biru dan meningkatkan Ekonomi masyarakat khususnya di Nagari Atar


Dalam acara tersebut kelihatan muncul kembali kebudayaan lama kepermukaan seperti budaya Memandikan Kabau Batanduak Ameh, Mambaka Talago, Pacu inden dan berenang menggunakan kelapa sebagai tradisi lama yang sudah lama tidak dilaksanakan.


Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam sambutanya mengatakan berterima kasih telah manggali potensi kebudayaa anak nagari Atar sehingga muncul untuk memberikan nilai2 positif terhadap pariwasata dan perekonomian masyarakat.


Tokoh perantau Nagari Atar, H.Yusparman pada kesempatan itu menyampaikan

terima Kasih dengan program Bupati terhadap satu iven satu nagari yang bertujuan untuk menggali dan pengembangan budaya Tanah Datar disetiap nagari.


Acara Gebyar Talago Biru Nagari Atar akan berlangsung selama dua hari (3-4/9-22) dengan menampilkan berbagai bentuk kebudayaan tradisional terutama kesenian unggulan Nagari Atar. (Veri)


ADSEN KIRI KANAN