Notification

×

Adsense atas

Adsen

Fraksi DPRD Tanah Datar Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Perubahan APBD 2022

Selasa, 06 September 2022 | 13:27 WIB Last Updated 2022-09-06T06:27:11Z




Tanah Datar, fajarharapan. Id - Delapan Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sampaikan Pandangan Umum Fraksi Terhadap Nota Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022. 


Sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Saidani didampingi Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt.Bungsu, Wakil Ketua Anton Yondra dan anggota DPRD turut dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, Forkopimda, para Asisten, kepala OPD dan undangan lainnya, 


Dalam penyampaian pandangan oleh 7 Fraksi DPRD menyampaikan pandangan umum secara langsung dan 1 fraksi menyampaikan secara tertulis,


Dari Fraksi Partai Hanura DPRD Tanah Datar dengan juru Bicara, Wadra Wati menyarankan kepada Pemkab Tanah Datar untuk dapat mengambil kebijakan dan langkah-langkah strategis terhadap perencanaan Pos Belanja, mengingat waktu yang tersedia untuk mengimplementasikan program dan kegiatan cukup sempit.


Dijelaskan, khusus untuk belanja perlu dilakukan dengan kriteria belanja bersifat wajib dan mengikat, belanja yang sangat urgen dan medesak serta belanja yang realistis dan terukur, sebagai konsekwensi kebijakan pemerintah pusat.


Terkait dengan penambahan belanja di beberapa Dinas, Fraksi Hanura mempertanyakan, apakah Dinas bisa melakukannya, sementara waktu yang tersedia efektifnya hanya tiga bulan.


Fraksi Hanura juga menyinggung masalah pendaftaran dan penerimaan murid baru di segala tingkatan sekolah masih relatif lama, dan khususnya untuk sekolah unggul SMP Negeri 5 Batusangkar, mohon penjelasan apa saja capaian dari sekolah unggul ini agar di tahun pelajaran berikutnya ada penambahan siswa.



Sementara itu Fraksi PAN melalui Jubirnya Alimuhar St. Tunaro mengatakan Program Satu Nagari Satu Event perlu dilanjutkan karena mampu memberikan Multiplier Effect. 


"Program Satu Nagari Satu Event ini perlu memiliki agenda tetap dan jelas setiap tahun, sehingga wisawatan ataupun pengunjung memiliki langkah dan waktu pasti nagari yang bakal dikunjungi," katanya. (Veri)


ADSEN KIRI KANAN