Notification

×

Adsense atas

Adsen

Begini Wujud Nyata Kepedulian Personel Satgas Kepada Masyarakat Perbatasan

Jumat, 23 September 2022 | 14:39 WIB Last Updated 2022-09-23T07:39:03Z

.


Sintang, fajarharapan.id  – Dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, personel satgas pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Pos Muakan membantu warga sekitar menanam padi gunung yang bertempat di Ladang masyarakat desa Muakan petinggi, Kecamatan Senaning, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Jumat (23/09/2022).


“Sebagai bentuk kebersamaan dan juga kepedulian satgas terhadap ketahanan pangan masyarakat di perbatasan kita membantu warga dalam hal bercocok tanam, salah satunya adalah menanan padi gunung yang dilaksanakan di lahan perkebunan milik warga di Desa Muakan petinggi.” Ujar Dansatgas.


Kegiatan bercocok tanam padi gunung telah diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyang masyarakat di seluruh pulau Kalimantan. Padi gunung merupakan salah satu jenis padi yang dapat ditanam di lahan kering yang tidak memerlukan banyak air dan sangat cocok ditanam di wilayah perbatasan.

“Kegiatan bercocok tanam seperti ini merupakan metode yang sudah turun temurun oleh nenek moyang masyarakat di wilayah Kalimantan dimana tanaman padi tersebut tidak membutuhkan banyak air seperti tanaman padi pada umumnya yang sering kita lihat.” Tambah Edi.


Selanjutnya, Iman (35) salah satu petani yang ikut dalam kegiatan menananm padi bersama personel satgas pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani mengucapkan terima kasih karena sudah mau membantu masyarakat dalam kegiatan menanan padi di desanya.

“Terima kasih kepada bapak TNI yang sudah membantu kami dalam kegiatan menanam padi di desa kami, semoga kebersamaan ini akan terus terjalin dengan baik antara masyarakat dan juga personel pamtas.” Ucap Iman. (Satgas Yonarmed 19/105).





ADSEN KIRI KANAN