Notification

×

Adsense atas

Adsen

Waspada Copet saat Laga Bigmatch Arema FC vs Persija di Stadion Kanjuruhan

Minggu, 28 Agustus 2022 | 10:05 WIB Last Updated 2022-08-28T03:05:00Z

 

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat (kiri)




MALANG - Kepolisian meminta warga mewaspadai copet saat Laga Bigmatch Arema FC vs Persija di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Banyaknya supporter yang datang menjadi peluang para pencopet.


Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat menegaskan, pihaknya tak segan-segan memberikan imbauan dan sosialisasi, baik kepada Aremania dan Jakmania. Apalagi diprediksi akan ada 7.500 suporter Jakmania, yang datang ke Malang, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Pada laga ini diketahui bersama bahwa Aremania akan menyambut hangat kedatangan supporter Jakmania. Namun kewaspadaan harus selalu diutamakan," ucap Ferli, Sabtu malam (27/8/2022) di Kepanjen, Malang.


Pihaknya telah mengerahkan anggota kepolisian yang dibantu oleh Polres Jajaran Polda Jatim bersinergi dengan instansi lain untuk mengamankan pertandingan yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan. 


"Semoga tidak ada gangguan ketertiban masyarakat, sehingga pertandingan bisa lancar," ujarnya.


Di sisi lain, Kasatreskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara'langi mengatakan, apapun segala bentuk gangguan keamanan ketertiban, dan kejatahan agar segera melaporkan kepada pihak Kepolisian. 


"Kami juga mengerahkan personil pengamanan tertutup, sehingga dengan mudah mengawasi pelaku yang akan melakukan copet," ucap Donny.


Sementara itu, Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik Syafiudin mengimbau, barang pribadi terutama barang berharga harus selalu dalam pengawasan. Tidak dipungkiri, keramaian suporter memberikan peluang mudah bagi pelaku copet untuk melancarkan aksinya.


"Saat ini, copet tak cuma ada di pasar, kendaraan umum, tempat hiburan, mall, tapi juga berkeliaran di tribun Stadion saat pertandingan sepak bola digelar. Kami berikan beberapa tips dan trik menghindari copet di stadion," ucap Taufik.


Pertama Taufik menyatakan, suporter yang datang sebaiknya tidak melihat pertandingan sendirian. Sebaiknya mengajak teman minimal satu orang untuk mendampingi. Setidaknya bisa saling mengawasi satu sama lain dari ancaman komplotan copet.


"Kedua nonton dekat pihak Keamanan. Keberadaan petugas keamanan akan membuat para copet berfikir berulang kali untuk mendekat," tuturnya.


Dia pun meminta suporter tidak membawa barang berharga atau mencolok. Sejumlah barang berharga ini dapat menarik perhatian para copet, terutama perhiasan yang mencolok. 


"Maka bawalah barang dan uang saku seperlunya," katanya.


Kemudian taruhlah barang pribadi yang mudah dalam pengawasan, yaitu dengan cara menaruh handphone maupun dompet di saku depan, atau di dalam tas namun dalam posisi dipangku atau dalam dekapan.


"Pakai atribut yang sama atau datang bersama rombongan. Para copet mungkin juga akan berpikir ulang jika ingin mengincar anggota rombongan yang datang bersama-sama," ucapnya.


Sebagai informasi, Arema FC vs Persija Jakarta sendiri bakal berlangsung pada Minggu malam (28/8/2022) pukul 20.30 WIB, yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.(*)


ADSEN KIRI KANAN