Notification

×

Adsense atas

Adsen

TNI AL Sambut Kedatangan Satgas Latma Rimpac dan Latma Joint Minex Pandu Tahun 2022

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 10:07 WIB Last Updated 2022-08-27T03:07:17Z

.


Jakarta, fajarharapan.id — TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Komando Armada II (Koarmada II) yang dipimpin oleh Kaskoarmada II Laksma TNI Andi Abdul Aziz, S.H., M.M mewakili Pangkoarmada lI Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., menyambut kedatangan Satgas Latihan Bersama (Latma) Rimpac tahun 2022 di Dermaga Madura, Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur. Jumat (26/08) kemarin.


Latma Rimpac Tahun 2022 di Hawaii Amerika Serikat melibatkan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan 35 prajurit Marinir sedangkan Latma Joint Minex Pandu 2022 di Singapura melibatkan KRI Pulau Rengat-711 dan KRI Pulau Rupat-712 dari TNI AL. Kedua latihan bersama yang dilakukan tersebut telah terlaksana dan berjalan dengan baik.


Pangkoarmada II dalam sambutan yang dibacakan Kaskoarmada II menyampaikan bahwa keikutsertaan TNI AL dalam latihan bersama Multilateral Rimpac dan Joint Minex Pandu, merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap kemampuan dan eksistensi TNI Angkatan Laut. Tidak hanya itu, bahwa latihan bersama ini merupakan wahana untuk menunjukkan kemampuan individu dan tim, serta dijadikan parameter terhadap hasil pembinaan-pembinaan yang telah dilaksanakan.


“Saya berharap kepada para prajurit, apa yang diperoleh selama melaksanakan operasi dan latihan, dapat menambah wawasan, pengalaman, dan meningkatkan profesionalisme serta dapat dijadikan bekal guna menghadapi tugas-tugas lain di masa yang akan datang,” ucap Kaskoarmada II.


Latihan bersama yang telah dilaksanakan ini selain untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit sesuai harapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono adalah sebagai wujud diplomasi dan meningkatkan hubungan persahabatan angkatan laut (navy brotherhood) antar negara peserta dalam menjaga stabilitas kemanan laut di kawasan.


Selesai prosesi penyambutan Satgas Latma Rimpac dan Satgas Latma Joint Minex Pandu Tahun 2022 Kaskoarmada dan pejabat utama Koarmada menerima paparan selama pelaksanaan Latma Rimpac di lounge room KRI I Gusti Ngurah Rai-332 oleh Dansatgas Latma Rimpac Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan.


Dalam paparannya Dansatgas Rimpac menyampaikan tentang persiapan di pangkalan, perjalanan ke Hawai hingga pelaksanaan Harbour Phase. Setelah tahap Harbour Phase, lanjut Sea Phase dengan melaksanakan beberapa serial latihan bersama dengan angkatan laut negara peserta. Selama pelaksanaan Latma Rimpac, juga dilaksanakan beberapa event perlombaan dimana prajurit TNI AL berhasil meraih prestasi antara lain juara 1 bola voli setelah mengalahkan tim bola voli Peru dan prestasi renang yang meraih juara 2 kategori 50 meter Female Backstroke dengan catatan waktu 35 detik atas nama Letda Laut (S/W) Salma Amalia Zakaria.


Selain menerima paparan dari Komandan Satgas Latma Rimpac, dalam kesempatan tersebut Kaskoarmada II juga menerima paparan dari Komandan Unsur Tugas (UT) Marinir oleh Mayor Mar Achmad Toripin.

(Dispenal)


ADSEN KIRI KANAN