Notification

×

Adsense atas

Adsen

Sukses Ikuti Jamnas Pramuka di Cububur ; Genius Umar Berikan Piagam dan Tiska

Rabu, 31 Agustus 2022 | 12:57 WIB Last Updated 2022-08-31T05:57:05Z

Walikota Genius Umar sematkan Tiska kepada Peserta yang kembali dari Jamnas XI Pramuka Cibubur di Balairung Rumah Dinas Walikota, Selasa malam 30 Agustus 2022 (foto.dok mcp)


Kota Pariaman - 16 orang siswa-siswi Pramuka Perwakilan SD dan SMP/Mts sukses ikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur yang diselenggarakan,14-21 Agustus 2022 lalu.


Wali Kota Pariaman Genius Umar, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pramuka Kota Pariaman, sampaikan rasa bangganya atas capaian prestasi dan semangat mandiri yang dilakukan oleh adik-adik pramuka yang masih dalam usia yang belia tersebut.


Hal itu disampaikannya, saat malam penyerahan Piagam dan Tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan) peserta Jambore Nasional XI tahun 2022 kepada 16 siswa-siswi di Balairung rumah dinas Walikota, Selasa (30/8/2022) malam.


Kegiatan juga dihadiri Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Pramuka Kota Pariaman, Hendri, beserta pengurus, Kepala Sekolah SD-SMP/MTs, dan para orangtua adik-adik peserta pramuka.


“Kepada adik-adik yang telah ikut dalam jambore nasional kemarin, jadikan ini sebuah pengalaman, proses pembelajaran secara mandiri untuk lebih meningkatkan disiplin diri, menambah wawasan dalam hal pengembangan karakter yang membangun dan cinta akan tanah air Indonesia. Disamping itu, bertambahnya teman melalui kontigen yang ikut Jambore tersebut,” begitu pesan Genius Umar kepada utusan penggalang dari Kota Pariaman itu.


Genius, dalam nasehatnya mengungkapkan beberapa hal kepada peserta pramuka. Juga yang harus dikembangkannya di lingkungan setelah sekembali dari mengikuti jambore nasional.


“Yang pertama adalah rasa percaya diri yang kuat, kedua pramuka mendukung perkembangan sosial emosional anak. Karena mereka bisa memiliki empati sosial dengan hidup bersama, belajar bersosialisasi dan berkelompok dan tidak egois, saling bantu membantu antar sesamanya,” ujar Genius.


Kemudian, sambung Genius, ke empat, belajar keterampilan hidup secara disiplin dan bertanggung jawab terhadap upaya kebutuhan pribadi si anak. Dan inilah bentuk proses melatih keterampilan hidupnya, serta belajar kepemimpinan (leadership) dengan mampu menjadi pemimpin diantara teman-temannya, sehat mental dan fisiknya.


Genius juga sampaikan ucapkan terimakasih kepada Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, yang telah mendampingi kegiatan ini hingga anak-anak selamat pergi kembali pulang ke Kota Pariaman, dan kembali ke orang tua mereka di rumah.


Ia juga minta kepada seluruh Kepala SD, SMP di Kota Pariaman untuk meng-aktifkan kembali kegiatan kepramukaan ini disekolah masing-masing. Karena, ini akan berdaya manfaat bagi tumbuh kembang generasi muda di Kota Pariaman.(mcp/hsa













ADSEN KIRI KANAN