Notification

×

Adsense atas

Adsen

SMKN 2 Sampit Wakili Kotim Lomba Perpustakaan Tingkat Kalteng

Kamis, 25 Agustus 2022 | 15:46 WIB Last Updated 2022-08-26T02:25:35Z

Penyerahan penghargaan kepada juara lomba sekolah tingkat SMA sederajat yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kamis (25/8/2022). (dok dinas perpustakaan kotim)


Sampit, fajarharapan.id - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Sampit berhasil menjadi juara lomba perpustakaan sekolah SMA sederajat di Kabupaten Kotawaringin Timur sehingga berhak mewakili ke lomba yang sama di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. 


"Juara lomba perpustakaan sekolah hari ini akan mewakili Kotawaringin Timur pada lomba di tingkat provinsi di Palangka Raya yang insya Allah dilaksanakan pada akhir bulan Agustus atau bulan awal September," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Timur, Rusnah di Sampit, Kamis. 


Lomba perpustakaan sekolah didominasi sekolah yang ada di Sampit. Hasil penilaian, SMKN 2 Sampit berhasil meraih nilai tertinggi sehingga menjadi juara I, sementara itu juara II diraih SMAN 3 Sampit dan juara III diraih SMAN 2 Sampit. 


Lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA/SMK/MA/sederajat se-Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2022 ini digelar dalam rangka menumbuhkembangkan serta memotivasi kegemaran pembudayaan membaca di kalangan pelajar. 


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Timur mengadakan lomba ini dengan harapan sekolah mampu bersaing, berinovasi dan terus berbenah meningkatkan kualitas  pelayanan  perpustakaan. 


Diharapkan dengan adanya inovasi dan peningkatan kualitas pelayanan di perpustakaan sekolah maka siswa akan semakin tertarik dengan buku-buku yang tersedia di perpustakaan sehingga dapat meningkatkan minat baca para pelajar. 

 


Lomba ini juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja pengelolaan perpustakaan sekolah, meningkatkan perpustakaan sekolah dalam pembelajaran guna mencapai visi misi sekolah, dan meningkatkan budaya membaca di masyarakat lingkungan sekolah. 

 

"Perpustakaan sekolah mempunyai peran penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa di sekolah dan meningkatkan minat membaca bagi para siswa," ujarnya. 


Menurut Rusnah, banyak manfaat yang didapat dari perpustakaan sekolah, antara lain menimbulkan kecintaan para siswa terhadap budaya minat baca dan memperkaya pengalaman belajar selain di ruang kelas.


Keberadaan perpustakaan sekolah juga menanamkan kebiasaan belajar mandiri dan belajar sepanjang hayat serta mempercepat penguasaan materi pelajaran yang disampaikan guru.


Perpustakaan sekolah juga membantu guru memperoleh dan menyusun materi-materi pelajaran, membantu kelancaran dan penyelesaian tugas sekolah serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi seluruh civitas sekolah. 


"Berdasarkan statistik dari berbagai sumber bahwa keterampilan membaca para pelajar di Indonesia masih kurang baik dikarenakan minat bacanya masih rendah. Oleh karena itu, dalam meningkatkan keterampilan membaca, khususnya pada pelajar, dibutuhkan upaya dalam meningkatkan minat baca pelajar," pungkasnya. (Audy Valent/Rj)


ADSEN KIRI KANAN