Notification

×

Adsense atas

Adsen

Proses Evakuasi Paus Terdampar di Perairan Ketapang Banyuwangi

Selasa, 02 Agustus 2022 | 10:12 WIB Last Updated 2022-08-02T03:12:44Z

.


Jakarta, fajarharapan.id — Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian hewan dan biota laut langka, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melalui Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi berupaya menyelamatkan seekor ikan Paus yang terdampar di Dermaga Hotel Ketapang Indah Kelurahan Ketapang Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi, Senin, (01/08) kemarin.


Penampakan Ikan Paus tersebut awalnya disampaikan oleh masyarakat setempat pada pukul 12.00 WIB kepada Komandan Unit Intel selaku Dan Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) TNI AL Lanal Banyuwangi, bahwa disekitar lampu suar depan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) telah mengapung seekor ikan Paus dari jenis yang belum diketahui.


Setelah melaporkan dan mendapat perintah dari Komandan Lanal (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut P) Ansori untuk membantu upaya penyelamatan terhadap ikan Paus yang terdampar tersebut, Tim SFQR dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi dan Patkamla segera menuju ke lokasi terdamparnya ikan Paus.


Pada Pukul 12.55 WIB Tim SFQR tiba dilokasi, namun ikan Paus tersebut ternyata telah terbawa arus ombak bergerak menuju Dermaga Hotel Ketapang Indah. Bersama dengan personel Polisi Perairan (Polair) Polresta Banyuwangi dan nelayan setempat, Tim SFQR berupaya untuk mengevakuasi ikan Paus tersebut kembali menuju ketengah laut.


Hingga saat sore hari Tim SFQR Lanal Banyuwangi yang dipimpin Dan Unit Intel dibantu personel Polair Polresta Banyuwangi dan nelayan setempat masih terus berupaya mengevakuasi ikan Paus yang masih terdampar di Dermaga Hotel Ketapang Indah. 


Upaya evakuasi ikan Paus terdampar yang dilakukan oleh prajurit Lanal Banyuwangi tersebut sebagai implementasi perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh prajurit TNI AL untuk turut serta menjaga kelestarian alam sehingga terjaga keseimbangan dari ekosistem dan berperan aktif secara profesional, bergerak cepat dalam mendukung kegiatan atau membantu saat ada kejadian, sehingga keberadaan prajurit TNI AL akan bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya. (Dispenal)




ADSEN KIRI KANAN