Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pemkab Kotim akan Gelar Pasar Murah

Jumat, 26 Agustus 2022 | 22:54 WIB Last Updated 2022-08-26T15:54:25Z


Bupati Halikinnor saat membuka bazar di Citimall Sampit, beberapa waktu lalu


Sampit, fajarharapan.id - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akan menggelar pasar murah di Sampit pada pada 30 dan 31 Agustus 2022. Ada tiga komoditas yang akan dijual dengan harga murah yaitu bawang merah, cabe rawit dan telur ayam. 


Bupati Halikinnor mengatakan, tiga komoditas itu dipilih karena sebelumnya harganya naik tinggi. Untuk itu pasar murah ini diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat. 


"Harga bahan pokok tersebut akan dijual mengikuti harga pasar pada saat itu. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan akan memberikan atau membantu subsidi atas masing-masing bahan pokok tersebut kepada masyarakat," kata Halikinnor di Sampit, Jumat (26/8/2022). 


Besarnya bantuan yang akan diberikan yaitu bawang merah disubsidi Rp10.000 per kilogram, cabe rawit disubsidi Rp10.000 per kilogram dan telur ayam ras disubsidi Rp5.000 per sap. 


Saat ini harga bawang merah di pasar tradisional di Sampit Rp38.000/kg namun sempat mencapai Rp65.000/kg. Harga cabe rawit Rp70.000/kg dan telur ayam Rp60.000 per sap. 


Tingginya harga kebutuhan bisa memicu inflasi yang tinggi di Sampit, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya untuk mencegah itu. Pemerintah mengambil langkah dengan memberi subsidi agar beban masyarakat berkurang dan harga diharapkan kembali stabil. 


Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kotawaringin Timur bersama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah akan melaksanakan pasar murah bahan pokok di Sampit. 


"Pasar murah ini dalam rangka membantu dan meringankan beban masyarakat menghadapi kenaikan harga beberapa kebutuhan bahan pokok yang terjadi belakangan ini," kata Halikinnor. 


Halikinnor memerintahkan Camat Baamang dan Mentawa Baru Ketapang sudah diminta mensosialisasikan rencana kegiatan dimaksud serta menyebarkan kupon Pasar Murah kepada masyarakat sekitar melalui kelurahan setempat. (Audy Valent/Rj)


ADSEN KIRI KANAN