Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kilang Padi di Perbaungan Lebih Modern, Bupati Sergai Optimis Sektor Tani Makin Baik

Rabu, 31 Agustus 2022 | 19:45 WIB Last Updated 2022-08-31T12:45:27Z

.


Perbaungan, fajarharapan.id - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menemani Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meninjau kilang padi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Dhirga Surya, di Jalan Gereja, Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Rabu (31/8/2022).


Di sela-sela kegiatan ini, Bupati Sergai menyampaikan jika kehadiran kilang padi PT. Dhirga Surya merupakan dukungan yang sangat signifikan bagi sektor pertanian di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Apalagi, sebutnya, intensifikasi produksi pertanian menjadi salah satu langkah dalam menghadapi terpaan inflasi yang menjadi tantangan nasional pemulihan pasca pandemi Covid-19.


“Syukur alhamdullilah, Kabupaten Sergai saat ini berstatus sebagai salah satu daerah yang menjadi produsen beras terbesar di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Hal tersebut membuat Sergai menjadi lumbung padi provinsi,” ungkap Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati.


Dirinya mengatakan, kunjungan kali ini juga bertujuan untuk meninjau mesin baru di kilang PT. Dhirga Surya yang punya fungsi dalam pengolahan gabah.


“ Kilang padi ini sekarang sudah punya mesin pengering gabah. Jadi gabah yang baru dipanen, dapat langsung diolah. Tidak perlu waktu lama, gabah dapat diproses menjadi beras. Tidak perlu lagi bergantung atau mengandalkan sinar matahari untuk menjemur gabah, karena mesin ini dapat melakukan fungsi serupa,” jabarnya.


Bang Wiwik berharap, dengan semakin modernnya proses produksi di BUMD PT. Dhirga Surya, petani memiliki pilihan atau alternatif tambahan.


“BUMD ini bisa menjadi salah satu pilihan petani untuk menjual gabahnya. Kalau penyerapan gabah lebih baik, diharapkan harga gabah petani dapat menjadi lebih stabil. Hal tersebut diharapkan dapat berdampak dalam pengendalian inflasi di daerah,” ujarnya lagi.


Sementara itu Gubsu Edy Rahmayadi menyebut kehadiran mesin produksi baru di BUMD PT. Dhirga Surya dapat dimanfaatkan secara efektif, efisien, dan profesional.


“ Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang surplus beras di Indonesia. Sedangkan Sergai termasuk salah satu daerah di Sumatera Utara yang jadi lumbung padi provinsi. Nomor dua di bawah Deli Serdang. Maka dengan adanya alat-alat modern seperti ini, kita harapkan dapat meningkatkan produksi beras, mengingat efisiensi waktu dengan penggunaan mesin modern ini dapat meningkatkan hasil produksi beras,” tutur Gubsu.


Terakhir Gubsu menekankan kegiatan yang dilakukan saat ini merupakan upaya untuk membantu masyarakat. “Mari sama-sama kita bergandeng tangan untuk kepentingan rakyat dan kesejahteraan rakyat,” pungkas Edy.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Sumut Drs. Baskami Ginting, para Kepala OPD Provsu dan Kabupaten Sergai, Camat Perbaungan serta undangan lainnya. (Sembiring)


ADSEN KIRI KANAN