Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kasal Membangun TNI AL Makin Mendunia Dengan Pertemuan Internasional

Kamis, 25 Agustus 2022 | 00:04 WIB Last Updated 2022-08-24T17:04:33Z

.


Jakarta, fajarharapan.id - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono secara simultan menggelar pertemuan bertaraf internasional dalam rangka meningkatkan dan penguatan diplomasi TNI AL. Baru-baru ini, sebagai tuan rumah,  Kasal Laksamana Yudo memimpin pelaksanaan Asean Navy Chiefs’ Meeting (ANCM) ke-16 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali pada tanggal 22 s.d. 24 Agustus 2022. 


Masih di Bali, selain ANCM pada tanggal 23-25 Agustus 2022, Kasal Laksamana Yudo membuka pertemuan International North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC) ke-21 yang bertempat di Hotel Hilton. Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid tersebut dihadiri oleh 16 negara anggota NIOHC di antaranya Bangladesh, Srilangka, India, Oman, Maladewa, Australia, Pakistan, Saudi Arabia, Thailand dan Inggris (member), Prancis, Amerika Serikat, Mauritius, serta  Indonesia sebagai tuan rumah. 


Setelah mengalami global pandemic covid 19 selama lebih dari 2 tahun, kegiatan kerjasama internasional bisa dilaksanakan meeting secara tatap muka, yang sebelumnya dilaksanakan secara virtual maupun hybrid. Kasal Laksamana Yudo dalam keterangan persnya di pertemuan the 16th ANCM menegaskan,“ASEAN adalah kerjasama regional untuk ekonomi dan keamanan kawasan Indo-Pasifik khususnya Asia Tenggara, sehingga dengan pertemuan ini bisa lebih intens untuk berkoordinasi.” Menjaga stabilitas kawasan adalah menjadi prioritas Kepala Staf Angkatan Laut dengan mengedepankan diplomasi, sehingga kerjasama antar angkatan laut terus mengalami peningkatan untuk membangun stabilitas keamanan kawasan dan yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan regional. 


Pada beberapa periode terakhir Kasal melaksanakan kunjungan ke negara sahabat untuk mempererat hubungan internasional setelah global pandemic, serta membangun kepercayaan internasional, yang sebelumnya pertemuan dengan pimpinan angkatan laut negara sahabat dilaksanakan secara virtual. Kunjungan tersebut diawali mengunjungi negara kawasan Asia Tenggara, yaitu Singapura dan Malaysia. Tidak lama berselang Laksamana Yudo berkunjung ke negara Korea Selatan, Amerika Serikat dan Australia untuk menerima penghargaan, diantaranya Member in the Military Division of the Order of Australia, dan juga Pingat Jasa Gemilang (Tentera) The Meritorious Service Medal (Military) dari pemerintah Singapura. 


Selain berkunjung ke negara-negara sahabat Kasal juga secara beruntun menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Laut dari negara sahabat dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan kerjasama Kasal Australia Vice Admiral Michael Joseph Noonan Campbell, Kasal Korea Selatan Admiral Kim Jung Soo, Kasal Singapura Rear Admiral Aaron Ben, Panglima Armada ke-7 (Commander US Seventh Fleet) VADM Karl Thomas, The Commander of The United States Indo-Pacific Command Admiral John Aquiliino dan kunjungan Kasal Australia yang baru (VADM) Mark Hammond. Dalam pertemuan dengan beberapa pimpinan Angkatan Laut negara-negara sahabat tersebut dibahas tentang peningkatan kerjasama dan menjaga stabilitas keamanan di kawasan dan global. 


Selain sejumlah pertemuan, TNI AL dibawah kepemimpinan Laksamana TNI Yudo Margono juga meningkatkan bidang latihan bersama baik bilateral maupun multilateral. Hal ini menggambarkan bagaimana pentingnya Kerjasama Angkatan laut dengan negara-negara sahabat untuk menjaga stabilitas keamanan kawasan dan membangun kepercayaan internasional terhadap TNI AL. (Dispenal)




ADSEN KIRI KANAN