Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kapal Induk Lokal Milik India Mulai Dioperasionalkan, Bisa Bawa 30 Jet Tempur

Senin, 29 Agustus 2022 | 16:30 WIB Last Updated 2022-08-29T09:30:00Z

 

India berhasil membuat kapal induk sendiri. Kapal induk bernama INS Vikrant ini akan dioperasionalkan bulan depan.



NEW DELHI - India berhasil membuat kapal induk sendiri. Kapal induk bernama INS Vikrant ini akan dioperasionalkan pada 2 September mendatang. Kapal induk produk lokal ini memiliki panjang 262 meter, lebar 62 meter dan bobot 43.000 ton. 


Kini India memiliki dua kapal induk, satu lainnya, INS Vikramaditya, dibeli dari Rusia. Pengoperasian kapal induk ini merupakan bagian dari upaya India untuk menyaingi kemampuan Angkatan Laut (AL) China.


Negara tetangga yang kerap bersitegang terkait isu perbatasan itu sudah memiliki tiga kapal induk, terbaru diluncurkan pada Juni. Pembuatan INS Vikrant ini dimulai pada 2009 dan diluncurkan pada 2013. Sejak itu INS Vikrant menjalani serangkaian uji coba laut, terakhir diadakan sejak Agustus 2021,sebagaimana dikutip iNews.id.


Kapak ini menggunakan sistem ski-jump ramp untuk lepas landas, sehingga memiliki dek yang agak menonjol ke atas di ujung landasan pacu.


Tidak seperti kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS), kapal ini tidak menggunakan pendorong ketapel yang membantu pesawat lepas landas dalam waktu singkat. INS Vikrant bisa membawa 30 jet tempur, seperti MiG-29 buatan Rusia. Namun uji terbang dari dek baru akan dimulai pada awal November mendatang. 


Kapal induk ini menjadi yang kedua diberi nama Vikrant dalam jajaran AL India. Vikrant pertama dibeli dari Inggris namun pensiun pada 1990-an. Surat kabar Hindustan Times melaporkan, India mempertimbangkan membeli jet tempur F/A-18 Super Hornet dari AS dan jet tempur Rafale dari Prancis.(*)




ADSEN KIRI KANAN