Notification

×

Adsense atas

Adsen

Jasa Raharja Partisipasi Dalam Kampanye Keselamatan di Perlintasan Sebidang Kereta Api

Senin, 29 Agustus 2022 | 18:32 WIB Last Updated 2022-08-29T11:32:08Z

.


Padang – Dalam memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022, Jasa Raharja berpartisipasi dalam kegitan kampanye keselamatan di perlintasan sebidang kereta api yang diinisiasi oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatera Barat dan Instansi terkait pada Sabtu (27/8). 


Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Barat Bagian Barat, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, dan Komunitas Pecinta Keseta Api. 


Kampanye ini dilakukan di perlintasan sebidang kereta api jalan simpang haru (JPL 07 KM 6+850) dengan tema Tingkatkan Keselamatan di Perlintasan Sebidang dengan BERTEMAN (Berhenti Tengok Kanan, Kiri, Aman Jalan). 


Vice President PT KAI Divre II Sumbar, Mohamad Arie Fatturrochman mengatakan, angka kecelakaan di perlintasan kereta api di Sumatera Barat masih sangatlah tinggi. Kecelakaan disebabkan rendahnya kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di pelintasan KA sebidang.


"Kami mengajak seluruh pengguna jalan untuk bersama-sama mentaati rambu-rambu di pelintasan sebidang kereta api. Untuk menekan angka kecelakaan dan korban, maka masyarakat diharapkan dapat lebih disiplin berlalu lintas, menyadari dan memahami juga fungsi pintu pelintasan," ujarnya.


Pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai di tutup, dan/atau ada isyarat lain. Kemudian, mendahulukan kereta api serta memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.


"Bagi pejalan kaki, wajib berhenti sejenak sebelum melintasi pelintasan sebidang, menengok ke kiri dan kanan untuk memastikan tidak ada kereta api yang akan melintas. Di samping itu, dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi, antara lain menggunakan telepon genggam," katanya.


Jasa Raharja sangat mendukung kegiatan kampanye ini untuk menekan angka kecelakaan di perlintasan kereta api. Kegiatan ini sebagai program pencegahan kecelakaan yang juga turut digaungkan oleh Jasa Raharja. (Jr)


ADSEN KIRI KANAN