Notification

×

Adsense atas

Adsen

Gila! Polisi Sita 2 Ton Sabu-Sabu di Pelabuhan, Nilainya Rp16,5 Triliun

Jumat, 26 Agustus 2022 | 18:40 WIB Last Updated 2022-08-26T11:40:00Z

 

Ilustrasi sabu-sabu dalam jumlah besar yang disita aparat di pelabuhan.



SYDNEY  – Polisi Australia di Negara Bagian New South Wales menemukan hampir 2 ton sabu-sabu yang diselundupkan lewat pelabuhan. Nilai barang haram itu diperkirakan 1,6 miliar dolar Australia atau sekira Rp16,5 triliun. Pihak berwenang setempat menyatkaan, peristiwa ini menjadi tangkapan terbesar untuk narkoba sejenis di perbatasan Australia.


Kantor berita Sputnik melansir, penemuan ini bermula dari informasi intelijen yang diterima polisi perbatasan Australia. Berbekal info tersebut, mereka memeriksa banyak kontainer laut yang tiba di Port Botany, selama sebulan terakhir. Port Botany adalah salah satu pelabuhan peti kemas terbesar di negeri kanguru. Pelabuhan itu berada di selatan Sydney,sebagaimana dikutip iNews.id.


Dalam dua kasus terpisah, polisi menemukan sejumlah besar metamfetamina (sabu-sabu), yang tersembunyi di dalam balok batu marmer. Polisi lantas menyita kiriman pertama yang berisi 748 kilogram narkotika sejenis bulan lalu. Tiga tersangka—yang semuanya pria masing berumur 24, 26, dan 34 tahun—ditangkap dalam kasus itu. 


Gelombang berikutnya, polisi menemukan lagi 1.060 kilogram sabu-sabu yang disamarkan dengan metode yang sama pada pekan lalu. Belum ada dakwaan baru yang ditetapkan dalam penyelundupan kedua ini. Akan tetapi, polisi tidak menutup kemungkinan adanya penangkapan tersangka lain.


Secara total, ada lebih dari 1.800 kg sabu-sabu yang diamankan polisi di Port Botany dalam dua penemuan itu. “(Sabu-sabu) yang telah terdeteksi dan disita selama penyelidikan ini, memiliki potensi nilai lebih dari 1,6 miliar (dolar Australia),” kata polisi dalam sebuah pernyataan, Jumat (26/8/2022).


Pada Senin lalu, Polisi Federal Australia juga menyita fentanil dalam jumlah terbesar yang pernah ada di negeri itu. Fentanil adalah opioid (zat yang mengandung opium dan memiliki efek kecanduan) yang bisa berakibat fatal, bahkan dengan dosis yang setara dengan hanya dua butir garam.(*)




ADSEN KIRI KANAN