Notification

×

Adsense atas

Adsen

Genius Umar Terima Stula PKA Angkatan 4 Tahun 2022 PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi

Rabu, 31 Agustus 2022 | 15:48 WIB Last Updated 2022-08-31T08:48:52Z

Walikota Pariaman Genius Umar memberikan sambutan ketika menerima rombongan Studi Lapangan PKA Angkatan 4 tahun 2022 PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Rabu 31 Agustus 2022 (foto.dok.mcp)

Kota Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar terima Studi Lapangan (Stula) Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan 4 Tahun 2022 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Bukittinggi yang bertempat di Balairung Pendopo Walikota Pariaman, Rabu (31/08/22).


Dalam sambutannya, Genius Umar mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh peserta pelatihan. Karena, telah datang dengan memilih Kota Pariaman sebagai salah satu kota yang menjadi tempat pelaksaan Stula.


“Telah banyak perubahan yang kita lakukan di Kota Pariaman. Yakni 5 (lima) Tahun menjadi Wakil Walikota dan 4 (empat) menjadi Walikota Pariaman, kita masih gencar melaksanakan pembangunan, baik fisik maupun non fisik" ungkap dia.


Ia menyebutkan, Pembangunan Pasar Rakyat Pariaman, pembangunan kawasan wisata dan kawasan water front city, Talao Pauh, pembukaan jalan bersama masyarakat Kota Pariaman tanpa anggaran juga telah kita lakukan.


"Sehingga dengan semakin berkembanganya Kota Pariaman khususnya dibidang wisata, akan semakin meningkatnya ekonomi masyarakat. Dan ini salah satu cara kita untuk memulihkan ekonomi masyarakat di Kota Pariaman yang pernah lumpuh akibat Pandemi Covid-19, “ungkapnya.


Terkait dengan pelayanan publik, jelas Genius Umar, Pemerintah Kota Pariaman telah membangun Mal Pelayanan Publik (MPP). Dalam hal peningkatan pelayanan perizinan dan kemudahan dalam berinvestasi, MPP Kota Pariaman telah memiliki 22 (dua puluh dua) Mitra Layanan.


Ia menambahkan, untuk memperbanyak informasi yang akan didapatkan peserta pelatihan, kita sudah menghadirkan beberapa OPD. Yakni BAPPEDA, BKPSDM, dan Dinas Kominfo Kota Pariaman yang akan berbagi informasi terkait inovasi yang telah dilaksanan.


"Semoga saja informasi yang diberikan bisa bermanfaat, dan diterima oleh peserta pelatihan PKA Angkatan 4 Tahun 2022 PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi“tutupnya.


Sementara itu, Kepala PPSDM Regional Bukittinggi, Sarjayadi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman atas sambutannya hari ini.


Kegiatan Stula merupakan bagian integral dari program kurikuler Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang bagi peserta. Hal itu, bertujuan untuk mendapatkan pelajaran yang dipetik (lesson learnt), mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan strategi dan manajemen kinerja organisasi sesuai lokus Stula


“Mata pelatihan ini, membekali Peserta dengan kemampuan mengaktualisasikan kepemimpinan manajemen kinerja untuk mendukung pelaksanaan tugas memimpin kegiatan kinerja organisasi" kata Sarjayadi.


Kegiatan Stula ini, ungakp dia, pada dasarnya diarahkan untuk memperluas wawasan, pengetahuan dan pengalaman peserta. Yakni mereka mendapat secara langsung dengan daerah lain yang sudah terlebih dahulu berhasil dalam melaksanakan program unggulan organisasi (best practice) yang telah dirancang.


Ia menambahkan, peserta PKA Angkatan 4 sebanyak 40 orang yang berasal dari pemerintah daerah. Diantaranya Kota Dumai 4 orang, Payakumbuh 6 orang, Kabupaten Indragiri Hilir 6 orang Dharmasraya 10 orang, Indragiri Hulu 4 orang, Kampar 5 orang dan Deli Serdang 5 orang.


Melalui Stula ini, terang Sarjayadi, diharapkan peserta dapat mengembangkan kemampuan dalam mengidentifikasi area perubahan dan agenda inovasi pada lokus Stula. Kemudian, mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki best practice pada pengelolaan program kegiatan. Sehingga mampu memberikan inspirasi untuk mengembangkan ide-ide perubahan yang akan diterapkan dalam unit organisasi. 


"Keberhasilan dalam pelatihan ini, dinilai dari cara mengimplementasikan pengelolaan program untuk keunggulan kinerja organisasi. Juga kepemimpinan pelayanan dari masing-masing peserta pelatihan“ tutupnya.(mcp/hsa)



ADSEN KIRI KANAN