Notification

×

Adsense atas

Adsen

Genius Umar Apresiasi Kesuksesan Program KKB Kota Pariaman

Kamis, 25 Agustus 2022 | 16:41 WIB Last Updated 2022-08-25T09:43:01Z

Walikota Pariaman Genius Umar berikan kata sambutan dalam kegiatan Focus Group Discussion (PGD) tentang Penguatan Kemitraan KKB di Kota Pariaman, di Ruang Rapat Balaikota, Kamis 25 Agustus 2022 (foto.dok.mcp)


Kota Pariaman
- Walikota Pariaman Genius Umar membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang “Penguatan Kemitraan Kampung Keluarga Berkualitas” dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting di Kota Pariaman, di Ruang Rapat Balaikota, Kamis (25/08/22).


Walikota Genius Umar mengatakan, perlu adanya komitmen bersama seluruh stakeholder terkait yang ada di Kota Pariaman. Dalam hal ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Juga, memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga melalui optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) di setiap desa/kelurahan.


“Untuk mencapai semua itu, diperlukan adanya kebijakan dan pengambilan langkah-langkah secara terkoordinasi, dan terintegrasi sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing, untuk meningkatkan kualitas keluarga, dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan KKB" kata dia.


Menurut Genius, melalui adanya penyediaan Data Keluarga dan Dokumen Kependudukan, Perubahan Perilaku Keluarga,Peningkatan Cakupan Layanan, dan Rujukan pada keluarga dan penataan lingkungan keluarga.


KKB, sebut Walikota, merupakan satuan wilayah setingkat desa. Yakni terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan, dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya. Terutama guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat.


Ia mengapresiasi usaha dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman yang telah berhasil membuat KKB di Kota Pariaman. Mudah-mudahan FGD ini bisa menghasilkan keputusan yang diinginkan.


"Sehingga kita semua dapat mewujudkan Indonesia Emas, yaitu membentuk keluarga muda yang sehat, produktif dan keluarga berketahanan”, tegas Genius menutup sambutannya.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Gusniyetti Zaunit mengatakan kegiatan ini bertujuan agar pimpinan daerah bisa memberikan penguatan dan arahan dalam penyelenggaraan KKB.


Karena saat ini, sebut Gusniyetti, pencapaian target KKB di Kota Pariaman sudah mencapai 100%, sesuai dengan yang diharapkan.


“Oleh karena itu, penguatan dan peran pemda dalam optimalisasi penyelenggaraan KKB sangat diperlukan, guna meningkatkan kualitas SDM, dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga, dan juga sebagai salah satu upaya dalam penurunan stunting di Kota Pariaman” ulas Gusniyetti Zaunit.


Acara yang digelar ini dihadiri Perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Kepala DPMDes Kota Pariaman, OPD terkait, Kakanmenag Kota Pariaman, dan Camat, (mcp/sa).




ADSEN KIRI KANAN