Notification

×

Adsense atas

Adsen

Dua Jembatan di Kotim Ditangani Darurat Atas Bantuan Bupati

Jumat, 26 Agustus 2022 | 11:49 WIB Last Updated 2022-08-26T04:49:36Z


Perbaikan dua jembatan di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan mulai dilakukan atas bantuan dana dari Bupati Halikinnor. Pekerja terlihat membongkar bagian-bagian dari jembatan yang rusak, Jumat (26/8/2022).

fajar harapan.id. - Sampit - Dua jembatan di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur diperbaiki secara darurat. Perbaikan bisa dilakukan setelah akhir pekan lalu Bupati Halikinnor membantu biaya perbaikan darurat sambil menunggu perbaikan permanen pada 2023 nanti. 


Kepala Desa Kades Jaya Kelapa Muliyadi menyampaikan terima kasih atas bantuan dana dari Bupati Halikinnor untuk perbaikan dua jembatan itu. Dana tersebut langsung mereka gunakan untuk perbaikan agar jembatan bisa kembali dilewati. 


"Alhamdulillah sekarang jembatannya sedang diperbaiki. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami karena dua jembatan ini menghubungkan tiga desa di wilayah ini," kata Muliyadi di Sampit (26/8/2022). 


Dua jembatan yang rusak tersebut menghubungkan Desa Basirih Hulu, Jaya Kelapa dan Jaya Karet. Akibat rusaknya jembatan tersebut, saat ini harga harus ekstra hati-hati saat melintas agar tidak sampai celaka. 


Satu jembatan mengalami penurunan tiang pada salah satu bagian. Kondisi ini sangat rawan menimbulkan kecelakaan, bahkan sudah ada beberapa warga yang jatuh terpental akibat sepeda motornya tidak bisa dikendalikan setelah melintasi bagian jembatan yang mengalami penurunan. 


Sementara itu, satu jembatan lainnya juga rawan menyebabkan kecelakaan karena lantai dan pagar jembatan sudah banyak yang patah karena lapuk dimakan usia. Untuk itu diperlukan penanganan cepat agar tidak sampai menimbulkan korban. 


Kepala Desa Basirih Hulu, Nur Yadi mengatakan, bantuan dari Bupati Halikinnor masing-masing Rp20 juta untuk perbaikan jembatan, sangat membantu masyarakat. Kini dua jembatan itu bisa diperbaiki dan tidak lama lagi bisa kembali digunakan dengan baik. 


"Bantuan ini sangat berarti bagi warga kami. Keberadaan dua jembatan itu sangat vital untuk mempercepat mobilitas masyarakat kami," ujar Yadi. 


Kepala Desa Jaya Karet, Fauzi mengatakan, infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Oleh karena itu, bantuan perbaikan dua jembatan itu tentu akan berdampak terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. 


"Kalau akses jalan lancar maka kegiatan ekonomi masyarakat juga akan semakin lancar. Terima kasih atas bantuan Pak Bupati sehingga akses antar desa di wilayah ini akan kembali lancar," ujar Fauzi. 


Bupati Halikinnor saat meninjau kerusakan dua jembatan itu mengatakan, perbaikan harus segera dilakukan karena kerusakan tersebut sangat membahayakan pengendara. Untuk itulah dia kemudian membantu dana untuk penanganan darurat agar kembali fungsional. 


"Untuk perbaikan permanen kita harapkan bisa dialokasikan pada anggaran tahun  2023 nanti. Yang penting, perbaikan cepat dulu yang harus dilakukan," pungkas Halikinnor. (Audy Valent/Rj)



ADSEN KIRI KANAN