Notification

×

Adsense atas

Adsen

Dospulkam LPPM IPB University ; Bantu Pelatihan Peningkatan Kualitas Pakan Ternak

Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:53 WIB Last Updated 2022-08-23T10:53:20Z

Dosen Pulang Kampung (Dospulkan) LPPM IPB University selenggarakan pelatihan Pakan Ternak di Desa Pauh Timur, Kota Pariaman, Senin 22 Agustus 2022 (foto.dok.mcp)


Kota Pariaman
- Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) adalah sebuah program kegiatan yang diwadahi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB University, tahun 2022. Program ini merupakan bentuk pengabdian dosen kepada masyarakat. Melalui program ini, para dosen diharapkan bisa pulang ke kampung halamannya, sekaligus melakukan pengabdian. Sehingga masyarakat dapat mendapatkan manfaatnya.


Kegiatan Dospulkam diketuai Yuni Resti dengan anggota Tera Fit Rayani dan Annisa Hakim tersebut dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pemanfaatan Smart Hydroponic Green Fodder berbahan baku limbah pertanian lokal sebagai pakan ternak alternatif dalam upaya mendukung pertanian berkelanjutan.


Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, Senin ( 22/8/22). 


“ Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman khususnya Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman dan Kepala Desa Pauh Timur yang telah membantu kami guna menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Smart Hydroponic Green Fodder Berbahan Baku Limbah Pertanian Lokal Sebagai Pakan Ternak Alternatif dalam upaya mendukung pertanian berkelanjutan ini" ungkap dosen yang juga berasal dari Desa Pauh Timur tersebut.


Ia juga menyampaikan, program Dospulkam IPB University ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam budidaya ternak kambing terutama dalam mengoptimalkan potensi pakan lokal.


"Dalam melaksanakan program ini juga mengandeng praktisi yg merupakan peternak muda asal Jawa Barat yang telah sukses dalam beternak domba yaitu Muhammad Zia Ul Haq" sebutnya.


Kata dia, melalui program ini kami mengajak kita semua untuk bersama sama belajar guna meningkatkan kualitas pakan ternak sehingga nantinya kita akan mengetahui cara pemberian pakan ternak yang baik dan berkualitas.


"Pakan menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh seorang peternak. Pakan yang berkualitas akan menghasilkan ternak yang optimal yang tentunya akan menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi pula“ tutupnya.


Sementara itu Kepala Desa Pauh Timur menyampaikan bahwa ia sangat berterima kasih kepada IPB khususnya Ketua Tim Yuni Resti, yang telah memilih desanya sebagai tempat pilihan untuk pelatihan.


"Karena akan dapat menambah pengetahuan peternak, juga menyampaikan bahwa di sela kesibukan nya sebagai dosen masih mengingat kampung halaman nya. Ia juga rela memberikan ilmu yang bermanfaat untuk desa. Bak pepatah “ sajauah jauah tabang bangau pulang nyo ka kubangan juo” sebut Kades Pauh Timur itu. (mcp/sa).



ADSEN KIRI KANAN