Notification

×

Adsense atas

Adsen

Bupati Raden Adipati Sury Ikut Senam Germas Bersama

Rabu, 24 Agustus 2022 | 12:00 WIB Last Updated 2022-10-12T05:01:54Z

.


Way Kanan -  Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Kegiatan Senam Germas dan Konsumsi Tablet Tambah Darah Remaja Putri Tahun 2022 di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kecamatan Baradatu, Rabu (24/08/2022).


Bupati Adipati dalam sambutannya mengatakan bahwa mengingat kondisi kekurangan sel darah merah didalam tubuh atau yang dikenal dengan anemia dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak remaja. Namun, dibandingkan remaja putra, remaja putri memiliki risiko lebih tinggi mengalami anemia. Hal tersebut menjadi salah satu alasannya karena remaja putri mengalami menstruasi setiap bulannya.


Dampak anemia juga dapat menyebabkan para remaja putri mengalami berbagai kondisi seperti penurunan imunias, sehingga lebih rentan terpapar berbagai penyakit infeksi, seperti penurunan konsentrasi belajar di kelas, penurunan prestasi di Sekolah serta penurunan kebugaran dan produktivitas kerja.


“Melihat kondisi demikian, maka upaya pemberian Tablet Tambah Darah menjadi penting untuk diberikan kepada remaja putri dalam proses pertumbuhannya. Selain untuk meminimalisir potensi anemia yang berakibat terhadap kesehatan dan prestasi di Sekolah, pemberian TTD juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi seorang ibu, dimana nantinya untuk mencegah ibu melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR)”, ujar Bupati Adipati,


Bupati Adipati juga berharap dengan kegiatan tersebut dapat semakin membuka wawasan khususnya bagi para siswa siswi di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kecamatan Baradtu dan seluruh remaja putri di Kabupaten Way Kanan sebagai generasi penerus Bangsa agar dapat menerapkan Germas dan mampu mengurangi potensi anemia dengan mengkonsumsi tablet tambah darah 1 minggu satu kali sehingga kelak para remaja putri tersebut akan menjadi calon ibu yang akan melahirkan generasi yang bebas stunting, generasi yang sehat dan mampu berdaya saing untuk mencapai SDM yang berkualitas di Kabupaten Way Kanan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.


Diketahui, Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen Bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Adapun caranya adalah dengan Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Makan denngan gizi yang seimbang, Olahraga dan istirahat yang cukup, Tidak merokok, Menjaga kebersihan lingkungan, Minum air mineral 8 gelas perhari, Makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan, Apabila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan serta Jangan lupa untuk terus berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa diberikan kesehatan.


Mengingat secara umum, tujuan dari Germas yaitu menjalani hidup yang lebih sehat yang akan memberikan banyak manfaat mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang.(darwin)


ADSEN KIRI KANAN