Notification

×

Adsense atas

Adsen

BUMNag Nagari Barulak Dinilai Tim Provinsi

Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:20 WIB Last Updated 2022-08-31T07:20:21Z

 



Tanah Datar, fajarharapan.id  Tim penilai Badan Usaha Miliki Nagari (BUMNag) Provinsi Sumatera Barat lakukan penilaian lomba BUMNag berprestasi tingkat Provinsi di mNagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten  penilaian  pada Selasa, (30/8/2022).

Tim penilai yang diketuai Merlinda Agustini dari Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat disambut Asisten Pemerintahan dan Kesra Tanah Datar Elizar didampingi Kadis PMD PPKB Tanah Datar Drs. Nofenril. 

Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Lovely Harman, Camat Tanjung Baru beserta Forkopimca, BPRN Nagari Barulak dan undangan lainnya.

Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Elizar, SH menyampaikan penilaian ini  diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat Tanah Datar khususnya pengurus BUMNag Wahana Karya Mandiri dalam pengembangan kedepannya," katanya.

Elizar mengatakan, BUMNag Wahana Karya Mandiri Nagari Barulak merupakan salah satu BUMNag yang cukup eksis di Kabupaten Tanah Datar dengan beberapa unit usaha.

Selama dua tahun terakhir BUMNag Wahana Karya Mandiri telah memberikan pendapatan bagi Nagari Barulak dan telah dirasakan keberadaanya bagi masyarakat serta BUMNag Wahana Karya Mandiri juga ikut mengambil peran dalam mendukung program unggulan pemerintah daerah yaitunya menciptakan wirausahawan baru dan lapangan kerja.

Melihat prestasi dan kinerja tersebut sehingga BUMNag Wahana Karya Mandiri dipilih mewakili Kabupaten Tanah Datar dalam mengikuti lomba BUMNag berprestasi tingkat provinsi sumatera barat tahun 2022.

"Alhamdulillah BUMNag wahana karya mandiri mampu mengemban amanah yang telah kami berikan dengan masuk sebagai nominasi 6 besar BUMNag berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022," ujarnya.

Elizar juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintahan Nagari Barulak yang selalu memberikan suport kepada BUMNag Wahana Karya Mandiri untuk selalu berkembang hingga meraih prestasi menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten, dan mewakili Kabupaten Tanah Datar di tingkat provinsi.

Sementara itu ketua tim penilai Merlinda Agustini mengatakan ladanya BUMNag akan meningkatkan pendapatan di Nagari, oleh karena itu nagari didorong untuk mendirikan BUMNag.

"Diharapkan keberadaan BUMNag mampu mendorong peningkatan ekonomi dan mengembangkan kewirausahaan masyarakat. Peran nagari adalah membangun relasi dengan msayarakat untuk mewujudkan," Katanya.

Sementara itu Ketua BUMNag Wahana Karya Mandiri Alges Wahyuni Saputra menyampaikan mulai digagas pada tahun 2016 berdasarkan peraturan bupati nomor 5 tahun 2016, dan baru terwujud setelah keluarnya peraturan Wali Bagri Barulak nomor 2 tahun 2017.

Hingga saat ini BUMNag Wahana Karya Mandir sudah memiliki beberapa unit usaha, diantaranya m unit usaha saprotan (sarana produksi pertanian), advertising, ayam boiler, BMT (baitul mal wat tamwil), sewa molen cor, brilink dan pengolahan sampah.

"Kita berharap lomba BUMNag berprestasi bukan mencari yang terbaik tapi ingin selalu menjadi lebih baik untuk kedepanya," kata Alges. (Veri)


ADSEN KIRI KANAN