Notification

×

Adsense atas

Adsen

AS Beri Bantuan Ukraina Rp44 Triliun untuk Beli Senjata

Rabu, 24 Agustus 2022 | 23:47 WIB Last Updated 2022-08-24T16:47:00Z

 

Amerika Serikat (AS) kembali mengucurkan bantuan untuk Ukraina.


WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) kembali mengucurkan bantuan untuk Ukraina. Terbaru AS memberikan paket bantuan keamanan senilai 2,98 miliar dolar AS atau Rp44,3 triliun.


Bantuan yang diberikan pada Rabu (24/8/2022) ini bertepatan dengan HUT ke-31 kemerdekaan Ukraina. Ini merupakan paket bantuan terbesar AS sejak invasi Rusia pada 24 Februari lalu, sebagaimana dikutip iNews.id.


Presiden Joe Biden mengatakan, AS berkomitmen untuk terus mendukung rakyat Ukraina yang tengah berjuang mempertahankan kedaulatan.


"(Bantuan) Akan memungkinkan Ukraina untuk memperoleh sistem pertahanan udara, sistem artileri dan amunisi, sistem udara tak berawak, dan radar untuk memastikan bisa terus mempertahankan diri dalam jangka panjang," kata Biden, dikutip dari Reuters.


Secara total, AS telah memberikan bantuan sekitar 10,6 miliar dolar AS untuk Ukraina sejak awal pemerintahan Biden pada Januari 2021. 


Sementara sejak 2014, AS telah memberikan bantuan keamanan lebih dari 12,6 miliar dolar. Seperti diketahui AS membantu Ukraina sejak Rusia mencaplok Krimea di tahun tersebut.


Paket baru ini mengambil dari dana Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI) yang dialokasikan Kongres. Insiatif itu memungkinkan pemerintahan Biden mendapat senjata dari industri pertahanan dalam negeri daripada mengambil stok AS yang sudah ada. (*)




ADSEN KIRI KANAN