Notification

×

Adsense atas

Adsen

Wajib Pajak Kotim Dipermudah Bayar Kewajiban

Jumat, 15 Juli 2022 | 12:08 WIB Last Updated 2022-07-19T05:13:25Z

ilustrasi


Sampit, fajarharapan.id - Wajib Pajak (WP) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) dipermudah untuk membayar pajak daerah.


Hal itu dilakukan selain mempermudah wajib pajak, juga untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). "Pemerintah Kotim selalu mempermudah wajib pajak untuk membayar kewajiban," ujar Kepala Bapenda Kotim Ramadhansyah kepada wartawan, Jumat (15/7/2022). 


Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai langkah Pemkab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk upaya mendongkrak peningkatan PAD Kotim. 


"Ada tiga inovasi yang kami lakukan terkait mempermudah pembayaran pajak, salah satu inovasi yang kami laksanakan yakni pembayaran pajak tidak usah datang ke kantor, bisa di transfer langsung," jelasnya.


Selain itu, pihaknya juga telah melakukan MoU dengan pihak perbankan di Kotim, sehingga, pembayaran pajak bisa dilakukan melalui transfer antar bank. 


Inovasi lainnya yakni aplikasi smart teks Kotim, yang berisi layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Sehingga wajib pajak bebas memilih perbankan yang akan digunakan untuk transaksi.  "Aplikasi smart teks Kotim juga bisa di unduh di Play Store," katanya. 


Sedangkan inovasi ketiga, yakni melakukan jemput bola dengan mobil layanan pajak daerah keliling, bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotim, sehingga di mobil itu juga dapat mengurus Administrasi pertanahan. 


Diakui, inovasi tersebut dapat meningkatkan pendapatan target pajak daerah. Seperti halnya PBB, pada 2021 targetnya yakni Rp8,5 miliar. Dengan inovasi tersebut pihaknya bisa melebihi hingga Rp9,3 miliar. 


Pada 2022 ini dipastikan pajak daerah bakal terealisasi melebihi target yang telah ditetapkan. "Kami yakin dengan segala kemudahan diberikan kepada wajib pajak, bisa mendongkrak pendapatan pajak daerah pada 2022 ini," tutupnya.(ib/audy)


ADSEN KIRI KANAN