Notification

×

Adsense atas

Adsen

Wabup Adlin; ” Harta Wakaf Harusnya Produktif”

Kamis, 21 Juli 2022 | 21:41 WIB Last Updated 2022-07-21T14:41:23Z

.


Sei Rampah, fajarharapan.id - “ Harta Benda Wakaf harus produktif agar lebih dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” demikian arahan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP  pada pelantikan Badan Wakaf Indonesia  (BWI) Perwakilan Sergai masa bhakti 2021-2024 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis, (21/07/2022).


Wabup Adlin juga mendukung penuh program BWI dengan menginventarisir ulang seluruh harta benda wakaf  yang ada di Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk kemudian diterbitkan sertifikat wakafnya guna pengelolaan yang lebih profesional. 


Dalam catatan yang diperolehnya, dari BWI Perwakilan Sergai masih ada harta benda wakaf yang benar telah diwakafkan oleh seseorang namun tidak memiliki sertifikat sehingga berpeluang beralih kepemilikan kepada orang lain dan itu menyalahi maksud dari wakaf itu sendiri, ujarnya di hadapan yang hadir diantaranya, Asisten Pemum dan Kesra Hj Nina Deliana, S.Sos, M.Si, Ketua BWI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Drs H Syariful Mahya Bandar, M.AP, Ketua MUI Sergai Drs H Hasful Huznain SH, MH, Kakan Kemenag Sergai, Zulkifli Sitorus, S.Ag, MA, Ketua BWI Perwakilan Sergai, Darmanto S.Ag, Kakan Urusan Agama serta puluhan pengurus BWI Perwakilan Sergai.


Menurut Adlin, gerakan Kesadaran Wakaf Produktif Nasional ini telah menjadi trend, bahkan Presiden Jokowi dan Wakilnya K.H Ma’ruf Amin turut mendorong gerakan tersebut dengan gerakan wakaf uang sehingga uang yang diwakafkan sangat berpotensi digunakan untuk kemaslahatan umat.


“Saya mendukung penuh upaya yang dilakukan BWI Perwakilan Sergai, karena ini merupakan gerakan sadar wakaf produktif yang digadang-gadang BWI sangat sesuai dengan visi misi Pemkab Sergai yang Maju Terus. Dengan demikian, harta wakaf itu selamanya harus jadi harta wakaf dan produktif guna kemaslahatan umat,” pungkasnya.


Dikesempatan serupa, Ketua BWI Perwakilan Sergai, Darmanto, S.Ag berjanji bahwa jajaran pengurus BWI di bawah kepemimpinannya akan memaksimalkan fungsi BWI. Kedepan pihaknya akan jemput bola dengan mendata ulang harta benda wakaf yang ada di seluruh Sergai kemudian menerbitkan sertifikat wakafnya yang belum ada.


Darmanto menjelaskan jika masih ditemukan harta benda wakaf yang tidak difungsikan, terabaikan, tenggelam bahkan ada yang sudah berganti kepemilikan. Temuan tersebut tentu sangat mengecewakannya. Oleh karena itu, Ia pun bertekad untuk mengembalikan seluruh harta benda wakaf tersebut kembali menjadi harta benda wakaf selamanya.


“ Kami akan segera membentuk Badan Kenadziran yang lebih professional sehingga pengelolaan harta benda wakaf lebih terdata dengan baik sekaligus dapat dikelola semaksimal mungkin guna kepentingan ummat,” tekadnya.  


Adapun kepengurusan BWI Perwakilan Sergai diketuai Darmanto, S.Ag , Sekretaris H. Masjuki, S.PdI, M.Si, Bendahara Sulaiman, S.Pd. Sedangkan Divisi Pemberdayaan Nazhir Drs. Juarno, Pengelolaan dan Pemberdayaan Wakaf Supriadi, S.PdI, M. Si, Humas Edi Wibowo, S. Ag, Bantuan Hukum Rustam Efendi, SH dan Litbang Ridwan Rangkuti, S.Pd. Pelantikan ditutup dengan mudzakarah diskusi seputar masalah wakaf dan pengelolaannya. (Sembiring)


ADSEN KIRI KANAN