Notification

×

Adsense atas

Adsen

UPTPTK Bakal Berdiri di Sampit, Bupati Kotim Yakin Ekonomi Bangkit

Kamis, 21 Juli 2022 | 22:28 WIB Last Updated 2022-07-22T15:35:18Z

Bupati Kotim H. Halikinnor.


Sampit, fajarharapan.id - Kementerian Tenaga Kerja RI bakal bangun gedung Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Tenaga Kerja (UPTPTK) di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng).


Rencana tersebut disambut baik oleh Pemerintah Kotim dengan mempersiapkan lahan 20 hektare untuk pembangunan unit pelatihan tenaga kerja tersebut.


Rencana pembangunan UPTPTK itu merupakan program kementerian terkait di pemerintah pusat dalam rangka memberikan pelatihan untuk warga terampil dan siap pakai untuk masuk kerja.


Untuk pembangunan UPTPTK, Dirjen dari Kementerian Tenaga Kerja Pusat bersama staf khusus menteri datang ke Sampit untuk melihat secara langsung lokasi rencana pembangunan itu, Kamis (21/7/2022).


Sementara itu, Bupati Kotim H. Halikinnor kepada wartawan, Kamis (21/7/2022) membenarkan hal rencana dibangunnya UPTPTK di Sampit.


Dia mengatakan, pengelolaan UPTPTK tersebut merupakan kewenangan Pemprov Kalteng untuk pengelolaanya, namun pemerintah pusat memilih lokasi pembangunanya di Sampit. "Hari ini, Dirjen dari Kementerian Tenaga Kerja Pusat bersama staf khusus menteri akan datang ke Sampit untuk melihat secara langsung lokasi rencana pembangunan UPTPTK itu," ujarnya.


Pihaknya telah menyiapkan lahan sebagai lokasi untuk pebangunan UPTPTK seluas 20 hektare. Pembangunan UPTPTK nantinya untuk pelaksanaan balai latihan kerja warga Kalteng terpusat di Sampit.


"Saya berharap pembangunannya segera terealisasi, sehingga memudahkan warga Kalteng untuk mendapatkan pelatihan di UPTPTK tersebut," katanya.


Tentunya sebut Bupati Halikinnor, semua yang mendapatkan pelatihan di lembaga tersebut akan siap pakai setelah selesai diberikan pelatihan oleh tenaga ahlinya atau teknisinya.


Bukan hanya itu, nantinya ketika lembaga tersebut beroperasi diharapkan akan membangkitkan perekomian Kotim, karena akan banyak yang datang dari seluruh Kalteng untuk diberikan pelatihan di lembaga tersebut. Juga bakal berdampak baik untuk tamu hotel, penginapan dan losmen di sampit, karena banyak yang datang mengikuti pelatihan dan Sampit akan semakin ramai.


"Semoga nantinya, setelah berdirinya unit pelatihan tenaga kerja ini di Sampit, saya optimis ekonomi warga bakal bangkit. Sebab puluhan bakal ratusan warga di Kalteng datang ke sini untuk dilatih. Otomatis mereka bakal makan, nginap dan belanja di sini dan bisa membangkit ekonomi warga sekitar," tutupnya. (ib/audy)


ADSEN KIRI KANAN