Notification

×

Adsense atas

Adsen

Unitas Padang Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Bullying di Sekolah

Senin, 25 Juli 2022 | 16:18 WIB Last Updated 2022-07-25T09:21:18Z


.

Padang - rihatin dengan kasus perundungan atau bullying yang terjadi di sekolah, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Tamansiswa Padang melakukan sosialisasi dan edukasi bahaya bullying di sekolah. Kegiatan itu dilaksanakan pada 3 sekolah di Kelurahan Pisang, Kota Padang, yakni di SDN 4, SDN 8, dan SDN 12 pada Sabtu 23 juli 2022. Selain bullying, sosialisasi juga menjelaskan bahaya penyalahgunaan narkoba.


“Permasalahan yang sering terjadi di sekolah di antaranya bullying dan narkoba. Ini yang menjadi fokus sosialisasi kita pada 120 siswa kelas 6 SD. Sejak dini mereka harus mengetahui itu karena mereka akan menginjak jenjang yang lebih tinggi dengan pergaulan lebih luas,” ucap Tuti Kelana Sembiring, perwakilan mahasiswa KKN Universitas Tamansiswa Padang.


Sementara itu,  Kepala SDN 4/SDN 8, Fatniwati, S.Pd., M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan pengetahuan penting yang bisa menjadi bekal bagi siswa yang nantinya memasuki jenjang SMP. Sebab pada pertemanan yang lebih luas, anak-anak yang tidak memiliki pengetahuan akan mudah terbawa pergaulan negatif, seperti bullying dan narkoba.


“Sosialisasi ini merupakan edukasi penting bagi anak kita. Dengan tahu bahaya bullying dan narkoba, anak-anak bisa membentengi diri dan menjauhi perbuatan itu. Apalagi kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu penilaian dalam menunjang akreditasi sekolah kami yang akan dilaksanan pada 25 Juli,” terangnya.


Sementara itu, Kepala SDN 12 Pisang, Mega, S.pd., M.Pd mengungkapkan, sosialisasi ini sangat mengedukasi siswa, sekaligus sangat membantu guru dalam menjelaskan bahaya bullying dan narkoba. Mengingat tidak semua pengajar memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk menjelaskan hal itu pada siswa.


“Kita sangat terbantu untuk menjelaskan bahaya narkoba dan bullying pada siswa. Apalagi narkoba itu jenisnya sudah bermacam-macam. Kita guru juga tidak tahu itu, apa macam-macam narkoba yang berkembang,” katanya.


Kegiatan sosialisasi bahaya bullying dan narkoba dari mahasiswa KKN Universitas Tamansiswa juga mendatangkan narasumber Da’i Polri Polda Sumatera Barat, Bripda Muhammad Iqbal.( * )


ADSEN KIRI KANAN