Notification

×

Adsense atas

Adsen

Supardi Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Kementerian LHK RI

Kamis, 21 Juli 2022 | 22:46 WIB Last Updated 2022-07-21T16:00:19Z

Jakarta, fajarharapan.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Supardi terima penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, di Jakarta Rabu (20/7/2022).

Pemberian penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Kementerian LHK itu karena Supardi dinilai berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Sehingga, atas penghargaan tersebut, Supardi berkomitmen untuk mempertahankannya pada tahun 2023 mendatang.

"Penghargaan Nirwasita Tantra telah diberikan beberapa kali kepada Ketua  DPRD Sumbar, artinya pemerintah pusat mengapresiasi upaya-upaya kita untuk menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

Menurut Supardi, tidak hanya kelestarian lingkungan, namun juga pengelolaan berbagai jenis limbah, mulai dari rumah tangga, medis hingga pabrik juga dilakukan.

Dia mengatakan rata-rata kabupaten/kota di Sumbar sangat peduli akan kelestarian lingkungan yang masuk didalamnya hutan. Beberapa kota di Sumbar juga mendapatkan penghargaan yang sama dari KLHK, salah satunya Kota Payakumbuh.

“Meski mendapatkan penghargaan, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terhadap pengelolaan lingkungan seperti illegal loging dan masih banyak lagi,” kata Supardi yang merupakan kandidat  kuat sebagai Walikota Payakumbuh mendatang.

Supardi menjelaskan, penghargaan Nirwasita Tantra merupakan program KLHK atas komitmen pemerintah daerah dan DPRD dalam menjaga kualitas lingkungan hidup di daerah. Kementerian LHK menilai dukungan dan kebijakan daerah, pemerintah dan DPRD Provinsi Sumbar menunjukkan komitmen tersebut.

“Komitmen tersebut, kami pemerintah daerah dan DPRD, juga diimplementasikan melalui berbagai inovasi dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan yang ada,” ujarnya.

"Penghargaan diberikan tentunya melalui berbagai indikator penilaian dengan standar kualitas terbaik. Untuk itu, ia berharap agar Nirwasita Tantra atau Greenleadership dari Kementerian LHK menjadi motivasi bagi Sumbar dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup", tandas Supardi yang diharapkan masyarakat Payakumbuh bisa berpasangan dengan H. YB. Datuk Parmato Alam nantinya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar juga menerima penghargaan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar Siti Aisyah mengatakan penghargaan Nirwasita Tantra kepada Ketua DPRD Sumbar Supardi diserahkan langsung Wakil Menteri KLHK Alue Dohong.

Sedangkan Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 diberikan kepada 42 pemimpin daerah terbaik yang dibedakan dalam kategori provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang dan kota kecil.

“Tiap kategori diberikan kepada 3 kepala daerah terbaik, 3 DPRD terbaik, dan 5 pemerintahan terbaik. Tim dari KLHK menilai Gubernur dan Ketua DPRD memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga kualitas lingkungan hidup,” katanya.

Menurutnya komitmen dari kepala daerah itu juga diuji oleh tim panelis independen saat mempresentasikan data capaian dan inovasi berkaitan isu lingkungan di daerah.

Dia mengatakan dalam beberapa tahun terakhir Sumbar selalu masuk tiga besar dalam penilaian Green Leadership dari KLHK. Penghargaan tahun 2022 ini adalah penghargaan dari penilaian yang dilaksanakan pada 2021

Selain itu lima kota di Sumbar juga menerima penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra pada 2022. daerah itu diantaranya Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kota Padang, Kota Solok dan Kota Bukittinggi. (Rel)

ADSEN KIRI KANAN